Rekomendasi KNKT Soal Kecelakaan TransJakarta, Singgung Pengemudi

Ameidyo Daud Nasution
23 Desember 2021, 08:07
transjakarta, knkt, kecelakaan
TMCpoldametro/Twitter
Bus Transjakarta menabrak pos polisi lalu lintas di kawasan PGC, Jakarta Timur, Kamis (2/12)

Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) memberikan empat rekomendasi pada PT Transportasi Jakarta atau TransJakarta. Hal ini demi meningkatkan keselamatan moda angkutan bus yang belakangan ini mengalami insiden kecelakaan tersebut.

Empat rekomendasi mencakup manajemen risiko, kelaikan armada, kelaikan awak, serta keselamatan rute TransJakarta. KNKT menyarankan TransJakarta menambah departemen khusus yang mengelola jaminan keselamatan.

Ini lantaran unit yang dimiliki TransJakarta masih kecil sehingga perlu dibesarkan lagi. “Pengelola manajemen risiko itu kedudukannya paling tidak sama dengan direktorat di bawah direktur utama dan dipimpin direktur,” kata Pelaksana Tugas Kepala Sub Komite Moda Investigasi Lalu Lintas dan Angkutan Jalan KNKT Ahmad Wildan di Jakarta, Rabu (22/12) dikutip dari Antara.

TransJakarta juga perlu membenahi standar operasional prosedur yang digunakan. Secara khusus, KNKT meminta operator mampu beradaptasi dan responsif terhadap perkembangan teknologi.

KNKT juga meminta TransJakarta memetakan risiko dari rute yang dilalui TransJakarta. Hal ini perlu dilakukan untuk mengetahui mengendalikan potensi bahaya dari tiap lintasan bus yang ada. “Kemudian hasilnya jadi kebijakan dan panduan penerapan,” kata Wildan.

KNKT juga telah berdiskusi dengan manajemen TransJakarta dan badan profesional sertifikasi profesi untuk membahas rekomendasi terkait kompetensi pengemudi. Mereka menyepakati adanya Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI).

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...