Pemerintah Targetkan Vaksinasi Anak 6-11 Tahun Rampung Maret 2022

Rizky Alika
31 Desember 2021, 15:42
vaksinasi, anak, covid-19
ANTARA FOTO/Prasetia Fauzani/hp.
Petugas kesehatan menyuntikkan vaksin COVID-19 kepada anak saat peluncuran vaksinasi COVID-19 untuk anak usia 6-11 tahun di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Kediri, Jawa Timur, Senin (20/12/2021).

Pemerintah terus mendorong vaksinasi Covid-19 untuk mencegah penularan varian Omicron. Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menargetkan, vaksinasi anak usia 6-11 tahun selesai pada Maret 2022.

Airlangga mengatakan vaksinasi anak-anak menjadi penting lantaran mereka termasuk golongan yang rentan. Apalagi,kelompok tersebut kerap bertemu dengan kakek-neneknya yang rentan penularan corona.

“Ditargetkan pada kuartal pertama, vaksinasi anak-anak bisa diselesaikan," kata Airlangga saat meninjau vaksinasi anak di SDN 05 Kemanggisan, Jakarta, seperti dikutip dari keterangan pers pada Jumat (31/12).

Ia mengatakan, sekitar 10 sampai 12 persen populasi yang pernah terkena Covid-19 berada pada rentang usia 6 hingga 11 tahun. Di sisi lain, Indonesia dan seluruh negara di dunia saat ini juga tengah mewaspadai munculnya varian Omicron.

Percepatan vaksinasi juga diharapkan mampu mendukung pembelajaran tatap muka.  Selain itu, vaksinasi untuk anak-anak diharapkan dapat mendorong tercapainya target kekebalan komunitas.

Airlangga juga meminta pemerintah pusat, daerah, sekolah, dan orang tua untuk mendukung akselerasi vaksinasi itu. Di sisi lain, anak-anak diminta untuk mematuhi protokol kesehatan. "Seperti membiasakan anak untuk mencuci tangan, menjaga jarak, dan memakai masker saat di luar rumah,” ujarnya.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...