PPKM Luar Jawa-Bali Diperpanjang Dua Pekan, 227 Daerah Level Satu

Rizky Alika
3 Januari 2022, 15:08
ppkm, level 1, luar jawa bali
ANTARA FOTO/Arnas Padda/yu/hp.
Pesepeda melintas di area pelataran Lego-Lego di Makassar, Sulawesi Selatan, Sabtu (29/5/2021). Kawasan Lego-Lego dengan pelataran berlantai kayu ulin tersebut dimanfaatkan pengunjung untuk berolahraga maupun bersantai bersama keluarga dan ramai dikunjungi wisatawan saat libur akhir pekan.

Pemerintah kembali memperpanjang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di luar Jawa dan Bali. Koordinator PPKM Luar Jawa dan Bali Airlangga Hartarto mengatakan ada 227 kabupaten/kota yang menerapkan pembatasan level 1.

Adapun, perpanjangan PPKM berlaku selama 14 hari, yaitu 4-17 Januari. "PPKM akan diperpanjang. Jumlah kabupaten/kota dengan PPKM level 1 meningkat dari 191 jadi 227 kabupaten/kota," kata Airlangga di Kantor Presiden Jakarta, Senin (3/1).

Selain itu, wilayah yang menerapkan PPKM level 2 turun dari 169 menjadi 148 kabupaten kota. Sementara, daerah yang menerapkan PPKM level 3 turun dari 26 menjadi 11 kabupaten/kota. Selebihnya, tidak ada wilayah yang menerapkan PPKM level 4.

Airlangga mengatakan, saat ini masih ada wilayah di luar Jawa-Bali dengan capaian vaksinasi Covid-19 dosis pertama di bawah 70%. Sementara, rata-rata angka reproduksi kasus efektif masih sebesar 0,98%.

Sebelumnya, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mengatakan kasus infeksi baru Covid-19 Indonesia pada Minggu (2/1) bertambah 174 orang. Jumlah tersebut turun hingga 36,5% dibandingkan sehari sebelumnya yang mencapai 274.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...