Wagub DKI: Orang Tua Berhak Larang Anaknya PTM Jika Khawatir Covid-19

Rizky Alika
4 Januari 2022, 14:29
ptm, jakarta, covid-19, sekolah tatap muka
Muhammad Zaenuddin|Katadata
Sejumlah siswa diantar ibunya saat mengikuti Pembelajaran Tatap Muka (PTM) di Sekolah Dasar Negeri (SDN) 01 Pondok Labu, Jakarta Selatan, Selasa (4/1/2022). Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta resmi menerapkan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) dengan kapasitas 100 persen di seluruh sekolah mulai hari Senin (3/1). Relaksasi kebijakan ini sesuai dengan kondisi PPKM Level 1 yang diterapkan di Jakarta.

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta telah memulai Pembelajaran Tatap Muka (PTM) 100% pada Senin (3/1). Wakil Gubernur Jakarta Ahmad Riza Patria mengatakan orang tua berhak melaranganaknya ikut sekolah tatap muka jika masih khawatir akan penularan Covid-19.

Ini lantaran keputusan mengikuti PTM dikembalikan kepada orang tua serta wali siswa masing-masing. “Masih ada kesempatan bagi orang tua yang keberatan, nanti silahkan koordinasi dengan pihak sekolah,” kata Riza di Jakarta, Selasa, (4/1) dikutip dari Antara.

DKI Jakarta tetap menggelar PTM meski kasus Omicron bermunculan di ibu kota. Riza mengatakan keputusan ini mengacu pada angka vaksinasi Jakarta yang tinggi.

“Vaksinasi DKI Jakarta tertinggi di Indonesia, capaiannya sudah 120% dan akan terus ditingkatkan,” kata politisi Partai Gerindra itu.

Sedangkan PTM dengan kapasitas 100% diikuti 10.429 sekolah atau 97,2% dari seluruh sekolah di Jakarta. Pemprov juga meminta satuan pendidikan untuk tetap mematuhi protokol kesehatan.

“Jumlah peserta didik dapat 100% dari kapasitas kelas dan waktu belajar hingga enam jam pelajaran per hari,” kata Kepala Dinas Pendidikan DKI Nahdiana, Minggu (2/1).

 Sedangkan Deputi II Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Abetnego Tarigan mengatakan, PTM 100% dilakukan untuk mencegah ketertinggalan belajar atau loss learning. Apalagi, Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) sudah berjalan hampir dua tahun selama pandemi Covid-19.

Pembelajaran Tatap Muka Digelar Kembali dengan Kapasitas 100 Persen
Pembelajaran Tatap Muka Digelar Kembali dengan Kapasitas 100 Persen (Muhammad Zaenuddin|Katadata)

"Selama pandemi kondisi pendidikan di Indonesia bisa dikatakan tertinggal dibanding dengan negara-negara lain, ini yang harus kita kejar," kata Abetnego seperti dikutip dari keterangan pers, Selasa (4/1).

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...