Studi Pfizer: Suntikan Booster Bisa Diberikan Bareng Vaksin Pneumonia

Rizky Alika
13 Januari 2022, 11:56
Matthew Childs Logo Pfizer terlihat di lokasi pemasok global di Havant, Britain, Senin (1/2/2021).
ANTARA FOTO/REUTERS/Matthew Childs/WSJ/cf
Matthew Childs Logo Pfizer terlihat di lokasi pemasok global di Havant, Britain, Senin (1/2/2021).

Suntikan vaksin Covid-19 dosis penguat atau booster tengah berlangsung di sejumlah negara. Pfizer Inc mengatakan, vaksin Covid-19 dosis booster dapat diberikan bersama dengan vaksin pneumonia.

Mengutip dari Reuters, Kamis (13/1), studi tahap akhir menunjukkan suntikan booster vaksin Covid-19 dan pneumonia itu menghasilkan respons keamanan dan kekebalan yang kuat pada orang berusia 65 tahun ke atas.

Penelitian yang dimulai pada Mei itu menguji vaksin pneumonia PREVNAR 20 dengan vaksin Covid-19 dosis ketiga Pfizer-BioNTech pada 570 peserta. Peserta studi direkrut dari studi vaksin Covid-19 tahap akhir Pfizer.

Mereka telah menerima dosis kedua vaksin Covid-19 setidaknya enam bulan sebelum studi bersama. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk menguji keamanan kombinasi dan respons imun setelah penambahan vaksin pneumonia ke vaksin corona yang ada.

Perusahaan mengatakan, respons yang ditimbulkan oleh PREVNAR 20 dan booster vaksin corona serupa ketika diberikan bersama atau dengan plasebo. Data tersebut memberikan bukti yang mendukung potensi pemberian PREVNAR 20 dan vaksin Covid-19 secara bersamaan. Dengan demikian, jumlah kunjungan orang yang imunisasi dapat berkurang.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...