Vaksin Booster Sudah Ada di 273 Daerah, Termasuk Jabodebek

Rizky Alika
12 Januari 2022, 18:57
Vaksin booster
ANTARA FOTO/Galih Pradipta/nym.
Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Penny Lukito memberikan keterangan pers terkait vaksin COVID-19 booster atau vaksin lanjutan di Kantor BPOM, Jakarta, Senin (10/1/2022).

Pemerintah memulai vaksinasi dosis ketiga atau vaksin booster mulai hari ini (12/1). Selain kepada kelompok prioritas, vaksinasi booster sudah bisa dilakukan oleh masyarakat dengan usia 18 tahun ke atas di 273 daerah.

"Sasaran usia 18 tahun ke atas tapi belum lansia, pemberian vaksinasi booster sudah bisa dilakukan di kabupaten/kota yang sudah mencapai target," kata Pelaksana Tugas Direktur Surveilans dan Karantina Kesehatan Kementerian Kesehatan Prima Yosephine saat sosialisasi kepada Dinas Kesehatan daerah, Selasa (12/1) malam.

Adapun, daerah yang bisa melakukan vaksin booster selain kelompok prioritas ialah kabupaten/kota yang sudah mencapai target vaksinasi dosis pertama 70% kepada masyarakat dan vaksinasi dosis pertama 60% kepada lansia.

Data Kementerian Kesehatan pada 10 Januari mencatat, ada 273 kabupaten/kota yang sudah memenuhi target tersebut. Ia mencatat, ada 14 kabupaten/kota di Aceh yang sudah memenuhi target tersebut. Kemudian, seluruh kabupaten/kota di DKI Jakarta sudah melebih target vaksinasi itu.

Begitu pula dengan kota Bekasi, Bogor, Depok, Bandung, Banjar, hingga Tasikmalaya yang sudah bisa menerapkan vaksinasi booster pada kelompok nonprioritas. Sementara itu, vaksinasi booster untuk lansia sudah bisa dilakukan di seluruh kabupaten/kota.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Editor: Lavinda

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...