Jokowi Ungkap Pemimpin Dunia Dilanda Keraguan karena Dampak Covid-19

Rizky Alika
17 Januari 2022, 14:42
jokowi, covid-19, corona
Sekab.go.id
Pemerintah akan memulai pelaksanaan vaksinasi dosis lanjutan atau booster pada tanggal 12 Januari 2022 dengan prioritas bagi lansia dan kelompok rentan. Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) memutuskan bahwa vaksinasi ini diberikan secara gratis kepada masyarakat Indonesia.\

Dunia tengah menghadapi pandemi Covid-19 dalam beberapa tahun terakhir. Presiden Joko Widodo pun mengatakan, pandemi mengakibatkan keraguan pada seluruh pemimpin.

Keraguan muncul di benak para pemimpin lantaran pandemi juga diikuti dengan disrupsi teknologi dan revolusi industri 4.0. Kompleksnya permasalahan juga mengakibatkan kebijakan yang harus diambil berubah-ubah tiap hari.

"Betul-betul menyebabkan ketidakpastian global yang semakin meningkat, keragu-raguan semua pemimpin dalam memutuskan sesuatu," kata Jokowi dalam Dies Natalis ke-67 Universitas Katolik Parahyangan di Bandung, Senin (17/1).

Bahkan, tidak ada negara yang telah mengalkulasikan masalah yang akan muncul seperti kelangkaan energi, pangan, hingga kontainer. Tantangan lainnya adalah inflasi di tingkat produsen yang bisa berdampak pada konsumen.

"Semua negara takut dengan yang namanya inflasi," ujar dia. Hal ini menyebabkan kompleksitas masalah muncul secara terus menerus.

Untuk itu, Mantan Wali Kota Solo itu menilai perlunya kepemimpinan global yang dapat membuat keputusan dengan tegas. Selain itu, ia juga bersyukur bahwa pandemi Covid-19 di Tanah Air telah menurun.

Pada Juli 2021, kasus corona harian di Indonesia mencapai 56.000. Sedangkan, kasus harian Covid-19 pada Minggu (16/1) sebanyak 855. "Kita bersyukur," ujar dia.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...