Sambut MotoGP, Kemenhub Poles Pelabuhan Lembar di Lombok

Andi M. Arief
17 Januari 2022, 19:33
pelabuhan, motoGP, NTB, kemenhub
ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi/wsj.
Sejumlah pemudik berjalan menuju kapal fery tujuan Pelabuhan Ketapang di Banyuwangi di Pelabuhan Lembar, Gerung, Lombok Barat, NTB, Rabu (5/5/2021). Pelabuhan Lembar yang biasanya ramai pemudik menuju Pulau Bali dan Jawa saat ini terpantau sepi menyusul akan diberlakukannya larangan mudik pada 6 -17 Mei 2021 guna mencegah penyebaran COVID-19.

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) sedang mengembangkan beberapa bagian di Terminal Penumpang Gili Mas di Pelabuhan Lembar, Lombok, Nusa Tenggara Barat. Hal itu dilakukan untuk menghadapi lonjakan pengunjung pada gelaran MotoGP pada awal Maret 2022. 

Luas dermaga Terminal Penumpang Gili Mas lebih dari 1 hektare atau sebesar 11.440 meter persegi. Sedangkan terminal pelabuhan tersebut memiliki kapasitas ruang tunggu hingga 1.500 orang. 

"Kami siap mendukung pariwisata dan pengembangan obyek pariwisata skala prioritas di Mandalika dengan menyiapkan sarana dan prasarana pelabuhan yang memadai," kata Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas III Kemenhub Lembar R. Pradigdo  dalam keterangan resmi, Senin (17/1). 

 Tak hanya itu, perbaikan dilakukan lantaran sejumlah kapal pesiar berencana berlabuh di pelabuhan tersebut. Kapal pesiar bernama Golden Horizon akan bersandar pada 17 Februari 2022. Selanjutnya, kapal Norwegian Spirit dijadwalkan berlabuh pada 11 April 2022. 

Setelah itu, kapal Royal Princess dijadwalkan berlabuh pada 5 September 2022. Adapun, lima kapal pesiar direncanakan akan berlabuh pada kuartal IV/2022, yakni Star Breeze, Viking Orion, Noordam, Viking Mars, dan Vasco da Gama.

Pradigdo mengatakan saat ini telah ada kapal pariwisata yang bersandar di sekitar Pelabuhan Lembar, yakni KM Kirana VII. Kapal itu mengangkut penumpang dan kendaraan dengan rute Surabaya-Lembar dan sebaliknya. 

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...