Bandara Blora dan Pelabuhan Patimban, Deretan Pencapaian 2021 Kemenhub

Cahya Puteri Abdi Rabbi
21 Desember 2021, 19:53
bandara, infrastruktur, kementerian perhubungan
Kementerian Perhubungan
Presiden Joko Widodo meresmikan Bandar Udara Ngloram, di Kecamatan Cepu, Kabupaten Blora, Jumat (17/12/2021) pagi.

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mencatat telah merampungkan sejumlah pembangunan infrastruktur transportasi di tahun 2021. Salah satunya pembangunan bandar udara (bandara) baru di seluruh pelosok Indonesia.

Bandara yang telah selesai pada tahun 2021 dan diresmikan langsung oleh Presiden Joko Widodo di antaranya bandara Mopah di Merauke, bandara Ngloram di Blora, dan bandara Tebelian Sintang di Kalimantan Barat.

Juga, bandara Toraja/Buntu Kunik di Kabupaten Tana Toraja dan bandara Pantar di Kabupaten Alor, Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Terdapat juga bandara lain yang selesai pengerjaannya seperti  bandara Haji Muhammad Sidik di Kalimantan Tengah, bandara Banggai Laut di Sulawesi Tengah, dan bandara Singkawang di Kalimantan Barat.

 Pada tahun 2021, Kementerian Perhubungan juga membangun sejumlah bandara baru yaitu  di Nabire Baru (Papua), Siboru (Papua Barat), Mentawai (Sumatera Barat), Mandailing Natal (Sumatera Utara), Banggai Laut (Sulawesi Tengah), Sobaham (Papua), Bolaang Mongondow (Sulawesi Utara), Singkawang (Kalimantan Barat) dan Pohuwatu (Gorontalo).

 "Kami terus melaksanakan konsep pembangunan seperti sebelum adanya pandemi Covid-19," kata Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dalam konferensi pers, Selasa (21/12).

Selain membangun bandara baru, Budi menjelaskan, Kemenhub juga merampungkan pembangunan pelabuhan Patimban yang baru resmi beroperasi dan berganti operator minggu lalu (17/12).

Pelabuhan Patimban disebut bisa berkolaborasi dengan Tanjung Priok untuk menjadi hub pelabuhan yang memiliki daya saing di kawasan Asia Tenggara.

 Budi menyebut, meski di tengah pandemi, kinerja sektor perhubungan laut tumbuh 9%.

Hal tersebut menunjukkan bahwa pergerakan logistik tetap berjalan dengan baik dan bisa melayani kebutuhan masyarakat di Tanah Air.

Mantan Direktur Utama PT Angkasa Pura II tersebut juga mengatakan, pihaknya akan terus mengupayakan pembangunan pelabuhan-pelabuhan baru untuk mewujudkan Indonesia menjadi negara pengekspor kendaraan nomor satu di dunia.

Halaman:
Reporter: Cahya Puteri Abdi Rabbi
Editor: Maesaroh
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...