Luhut Akan Evaluasi Travel Bubble RI - Singapura Tiap Pekan

Kedua negara resmi memulai travel bubble hari ini. Luhut akan menghentikan gelembung wisatawan Singapura jika pelaksanaannya tidak berjalan baik
Ameidyo Daud Nasution
24 Januari 2022, 19:01
travel bubble, singapura, luhut
ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/aww.
Sejumlah wisatawan bercengkerama di Pantai Teluk Lagoi, Bintan, Kepulauan Riau, Minggu (1/11/2020). Pemerintah provinsi setempat menargetkan Pantai Teluk Lagoi dan sejumlah destinasi wisata lain di wilayahnya kembali bergeliat setelah dibukanya kembali jalur perbatasan Batam-Singapura.

Indonesia dan Singapura telah memulai uji coba travel bubble atau gelembung protokol kesehatan pada hari ini. Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan prosedur tersebut akan dievaluasi tiap satu atau dua pekan.

Luhut juga menjanjikan travel bubble akan berjalan dengan prosedur yang ketat. "Kalau kami angggap tidak bagus (pelaksanaannya), akan kami setop," katanya dalam konferensi pers, Senin (14/1).

 

Sedangkan wisatawan asal Singapura yang ingin masuk harus memenuhi sejumlah syarat seperti mendapatkan vaksinasi dosis lengkap hingga hasil tes negatif Polymerase Chain Reaction (PCR) selama 3x24 jam.

Advertisement

Uji coba akan dilakukan di Batam dan Bintan, Kepulauan Riau (Kepri). Kepastian tersebut disampaikan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno setelah mengunjungi Batam dan Bintan, Jumat (21/1).

Nantinya, skema perjalanan travel bubble ini akan dicantumkan di dalam Surat Edaran yang akan dikeluarkan oleh Satuan Tugas Penanganan Covid-19.  Sandiaga berharap masyarakat hingga pelaku pariwisata dapat mematuhi protokol kesehatan. "Termasuk integrasi dengan PeduliLindungi," katanya dalam keterangan tertulis, Senin (24/1).

 

Apalagi wisatawan mancanegara asal Singapura memiliki prospek yang sangat strategis dalam upaya membangkitkan ekonomi dan pariwisata nasional, khususnya di Kepulauan Riau. Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta tersebut mengatakan safe travel bubble tourism Kepri sudah disiapkan selama satu tahun lebih bersama pemerintah setempat.

"Saat ini dapat kami sampaikan bahwa Lagoi dan Nongsa sangat siap sebagai bubble zone untuk wisatawan Singapura. Harapannya ini adalah tentunya kebangkitan dari ekonomi kita, terbukanya lapangan kerja,"tambahnya.

Rencana ini dilakukan untuk memudahkan perjalanan wisatawan untuk keluar masuk Indonesia termasuk dari Singapura yang selama ini menjadi negara penyumbang jumlah wisman terbesar ke RI.

 

Reporter: Rizky Alika
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait