Ratusan Pekerja Batam Alami KIPI Setelah Disuntik Vaksin Astrazeneca

Rizky Alika
18 Juni 2021, 11:21
Petugas kesehatan menyuntikan vaksin COVID-19 kepada seorang pelaku pariwisata di Batam, Kepulauan Riau, Sabtu (22/5/2021).
ANTARA FOTO/Teguh Prihatna/wsj.
Petugas kesehatan menyuntikan vaksin COVID-19 kepada seorang pelaku pariwisata di Batam, Kepulauan Riau, Sabtu (22/5/2021).

Ratusan pekerja di Kawasan Industri Batamindo, Batam mengalami Kejadian Ikutan Pascaimunisasi (KIPI) setelah disuntik vaksin Covid-19 buatan AstraZeneca. Komisi Nasional (Komnas) KIPI pun akan mengaudit ratusan pekerja yang sakit tersebut.

"Sedang dilakukan investigasi oleh Komda (Komisi Daerah) Kepulauan Riau untuk dilaporkan dan diaudit bersama dengan Komnas apabila data sudah lengkap," kata Ketua Komisi Nasional KIPI Hindra Irawan Satari kepada Katadata, Kamis (18/6).

Menurutnya, penggunaan vaksin AstraZeneca bisa dikaji ulang apabila terdapat kajian yang menunjukkan adanya kematian yang berkaitan dengan vaksinasi, bukan oleh penyebab lain. "Harus dilakukan kajian causal untuk memastikan apabila ada kematian," ujar dia.

Dikutip dari sejumlah pemberitaan, ratusan pekerja di Kawasan Industri Batamindo Kepulauan Riau mengalami KIPI. Mereka merupakan pekerja PT Schneider yang divaskinasi AstraZeneca pada 15 Juni lalu.

Pada Rabu (16/6), para pekerja itu memadati sejumlah klinik dan rumah sakit di Batam. Antrean panjang juga terjadi di depan Instalasi Gawat Darurat (IGD) RS Awal Bros. Salah satu pegawai mengatakan, perusahaan tidak memberi istirahat kepada para pekerja yang mengikuti vaksinasi.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Editor: Pingit Aria

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...