Jokowi Bangun Pabrik Bahan Baku Panel Surya & Semikonduktor di Jateng

Rizky Alika
28 Januari 2022, 14:03
panel surya, pabrik, solar cell, jokowi, ebt
ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/aww.
Petugas merawat panel surya yang terpasang di atap Gedung Direktorat Jenderal (Dirjen) Ketenagalistrikan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (EDSM), Jakarta, Rabu (24/3/2021). Kementerian ESDM hingga Maret 2021 telah membangun sebanyak 193 unit PLTS atap gedung, sementara sepanjang 2021-2030 pemerintah juga menargetkan pembangunan PLTS dengan kapasitas sebesar 5,432 Mega Watt untuk menurunkan emisi hingga 7,96 juta ton karbondioksida.

Pemerintah tengah mendorong transisi dari energi fosil menjadi Energi Baru Terbarukan (EBT). Presiden Joko Widodo mengatakan, Indonesia tengah membangun pabrik polisilikon dengan kapasitas 40 ribu ton.

Adapun, polisilikon menjadi bahan baku dasar untuk membangun solar cell atau panel surya. "Dalam tahun ini, kita akan membangun fasilitas chip design dan pabrik polisilikon di Jawa Tengah," kata Jokowi dalam B20 Indonesia Inception Meeting 2022, Kamis (27/1) malam.

Advertisement

Pada tahap awal, hasil produksi pabrik itu akan dimanfaatkan untuk kebutuhan solar cell. Namun pada beberapa tahun berikutnya, hasil produksi pabrik akan digunakan untuk semikonduktor.

Sebagai informasi, semikonduktor merupakan benda yang hanya bisa menghantarkan listrik pada suhu yang tinggi. Namun, Jokowi tidak menjelaskan secara detail investor maupun nominal investasi pabrik polisilikon tersebut.

Dalam kesempatan itu, Kepala Negara juga mendorong B20 untuk berkontribusi dalam upaya mempercepat transformasi energi. Apalagi, Indonesia memiliki kekayaan sumber daya mineral logam yang diperlukan untuk transisi menuju ekonomi hijau.

"Kami (RI) kaya akan nikel, bauksit, timah, dan tembaga. Kami memastikan akan menyuplai cukup bahan-bahan tersebut untuk kebutuhan dunia," ujar dia.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement