Jokowi Harapkan Tujuh Pelabuhan Baru Tumbuhkan Pariwisata Danau Toba

Jokowi juga menyiapkan empat kapal penumpang baru untuk memudahkan konektivitas di wilayah sekitar Danau Toba
Ameidyo Daud Nasution
2 Februari 2022, 20:07
jokowi, pelabuhan, danau toba
Antara
Presiden Joko Widodo saat meninjau Pelabuhan Ajibata, Kabupaten Toba, Sumatera Utara, Rabu (2/2). Foto: Antara

Presiden Joko Widodo meresmikan tujuh pelabuhan yang berada di sekitar Danau Toba, Sumatera Utara.  Jokowi berharap infrastruktur baru tersebut dapat memperlancar konektivitas masyarakat.

Tujuh pelabuhan tersebut terdiri dari Pelabuhan Ajibata dan Balige di Kabupaten Toba, Pelabuhan Tigaras di Simalungun, Pelabuhan Marbun Toruan di Humbang Hasundutan, Pelabuhan Simanindo di Samosir, Pelabuhan Muara di Tapanuli Utara, serta Pelabuhan Tongging di Kabupaten Karo.

“Pelabuhan kapal dibutuhkan untuk mendukung aktivitas dan mobilitas masyarakat,” kata Jokowi di Kawasan Pelabuhan Ajibata, Kabupaten Toba, Sumatera Utara, Rabu (2/2).

 

Advertisement

Tak hanya itu, Jokowi juga meluncurkan empat Kapal Motor Penumpang (KMP) yang akan digunakan untuk penyeberangan Danau Toba. Keempatnya adalah KMP Pora-pora yang berkapasitas 180 orang dan 21 kendaraan, KMP Kaldera Toba berkapasitas 152 penumpang dan 15 kendaraan, KMP Asa-asa berkapasitas 150 orang, dan KMP Jurung-jurung dengan kapasitas 150 orang penumpang.

“Kapal ini penting karena selama ini masyarakat selama ini menggunakan kapal rakyat yang standarnya kurang bisa diandalkan,” kata Jokowi.

Presiden berharap dengan beroperasinya moda transportasi ini maka dapat mempercepat pertumbuhan kawasan Danau Toba sebagai salah satu destinasi wisata super.

Sebelumnya Jokowi Jokowi telah meresmikan Jalan By Pass Balige di Kabupaten Toba pada Rabu (2/2). Jalan tersebut dibangun dengan menelan anggaran sebesar Rp 176 miliar. 

Jalan sepanjang 9,8 kilometer itu dibangun untuk mencegah terjadinya kemacetan yang terjadi di Kota Balige dan sekitarnya. "Dibangun bertahap sejak 5 thn lalu dengan total biaya Rp 176 miliar," kata Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Hedy Rahadian di Toba, Rabu (2/2).

 

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait