13 Pelabuhan Dibangun di Sekitar Danau Toba, 3 Diresmikan Jokowi Besok

Selain membangun prasarana pelabuhan penyeberangan, Kemenhub juga telah membangun sarana kapal penyeberangan untuk mendukung wisata Danau Toba.
Image title
1 Februari 2022, 07:49
Danau Toba, Jokowi
Kementerian Perhubungan
Pelabuhan Penyebrangan di sekitar wilayah Danau Toba

Kementerian Perhubungan membangun sebanyak 13 pelabuhan penyeberangan untuk mendukung Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Danau Toba, Sumatera Utara. Tiga dari 13 pelabuhan tersebut siap diresmikan Presiden Joko Widodo, atau Jokowi, besok, Rabu (2/2).

Ke-13 pelabuhan tersebar di tujuh kabupaten. Empat pelabuhan masing-masing dibangun di Kabupaten Toba dan Kabupaten Samosir

Satu pelabuhan masing-masing dibangun di Kabupaten Simalungun, Kabupaten Tapanuli Utara, Kabupaten Humbang Hasundutan, Kabupaten Karo, dan di Kabupaten Dairi.

Sebanyak tujuh diantaranya sudah selesai dibangun dan akan segera diresmikan. Sementara enam lainnya saat ini tengah dilakukan proses pembangunan.

Advertisement

 Adapun pelabuhan penyeberangan yang akan segera diresmikan yaitu Pelabuhan Penyeberangan Ajibata dan Balige (Kabupaten Toba), Simanindo (Kab. Samosir), Tigaras (Kab. Simalungun), Muara (Kab. Tapanuli Utara), Baktiraja (Kab. Humbang Hasundutan), dan Tongging (Kab. Karo).

Sementara itu,  pelabuhan penyeberangan yang tengah dibangun yaitu Pelabuhan Penyeberangan Silalahi (Kab. Dairi), Ambarita, Onan Runggu, dan Sipinggan (Kab. Samosir), Sigapiton dan Porsea (Kab. Toba).

Tiga pelabuhan penyeberangan yang akan segera diresmikan Presiden Jokowi adalah Ajibata, Simanindo dan Tigaras. 

“Ini harus dipastikan bisa melayani dengan baik untuk mendukung kawasan strategis pariwisata nasional yang tengah dikembangkan pemerintah,” kata Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, dalam keterangan pers, Senin (31/1).

 Budi Karya pada Senin (31/1) meninjau beberapa pelabuhan penyebrangan yang akan diresmikan Presiden Jokowi besok.

Pelabuhan-pelabuhan penyeberangan ini dibangun dengan arsitektur kearifan lokal di daerah Danau Toba.

Keberadaan pelabuhan ini diharapkan akan meningkatkan konektivitas antar wilayah di Danau Toba dan menarik minat wisatawan untuk datang ke Danau Toba dan sekitarnya.

Selain membangun prasarana pelabuhan penyeberangan, Kemenhub juga telah membangun sarana kapal penyeberangan yang juga akan diresmikan bersamaan dengan tujuh pelabuhan penyeberangan.

Sebanyak empat kapal akan diresmikan yaitu dua unit Bus Air yaitu Asa-Asa dan Jurung-Jurung.

Juga, dua unit Kapal Motor Penyeberangan (KMP) yaitu Kaldera Toba dan Pora-Pora. Keberadaan kapal ini melengkapi satu unit kapal yang telah diresmikan yaitu KMP Ihan Batak.

 

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait