Jokowi Harap Jalan Tol Binjai-Stabat Menurunkan Ongkos Logistik

Rizky Alika
4 Februari 2022, 13:32
Jokowi, jalan tol, trans sumatera
Antara
Presiden Joko Widodo saat meresmikan tol Binjai-Stabat di Langkat, Sumatera Utara, Jumat (4/2). Foto: Antara

Presiden Joko Widodo meresmikan ruas Jalan Tol Binjai-Langsa Seksi 1 Binjai-Stabat pada Jumat (4/2). Jokowi berharap, jalan tol tersebut bisa terhubung dengan sentra produksi di daerah sehingga ongkos logistik bisa ditekan.

Seksi tersebut merupakan bagian dari Jalan Tol Binjai-Langsa sepanjang 131 km. Jika telah rampung seluruhnya, jalan tol tersebut akan menghubungkan Sumatera Utara dan Nanggroe Aceh Darussalam.

"Jalan tol Binjai-Langsa Seksi 1 Binjai- Stabat sepanjang 11,8 kilometer (km) telah siap dimanfaatkan untuk mendukung kelancaran konektivitas," kata Jokowi dalam peresmian Jalan Tol Binjai-Stabat, Langkat, Jumat (4/2).

Selain itu, jalan tol itu akan menjadi bagian dari Jalan Tol Trans Sumatera yang membentang dari Lampung sampai Aceh. Jokowi berharap harga komoditas setempat bisa ditekan dengan adanya infrastruktur yang memadai.

Sebagai contoh, biaya logistik pada jeruk asal Karo bisa ditekan hingga 75% apabila jalanan sekitar diperbaiki serta dihubungkan dengan jalan tol. "Harga jeruknya akan menjadi sangat kompetitif. Saya berani menjamin tidak akan kalah harganya dengan impor," ujar Mantan Wali Kota Solo itu.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...