Jokowi Akan Jadikan Proyek IKN Contoh Perubahan Indonesia Lebih Maju

Rizky Alika
9 Februari 2022, 11:04
jokowi, ikn, ibu kota
Sekab.go.id
Presiden Joko Widodo

Pemerintah tengah mendorong pemindahan Ibu Kota Negara (IKN) ke Kalimantan Timur. Presiden Joko Widodo pun menyatakan, pembangunan IKN menjadi bagian penting dalam transformasi Indonesia.

Perubahan itu meliputi bidang lingkungan, cara kerja, ekonomi, hingga teknologi. Transformasi juga akan dilakukan pada pelayanan kesehatan dan pendidikan yang berkualitas.

Advertisement

"Serta tata sosial toleran yang menjunjung tinggi etika publik," kata Jokowi dalam Mandiri Investment Forum 2022 yang dihadiri secara daring, Rabu (9/2). Hal ini disampaikan di hadapan investor dari 40 negara.

Selain itu, Indonesia akan fokus pada pembangunan ekonomi hijau untuk mencapai pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan. Salah satunya, green industrial park di Kalimantan Utara akan menjadi titik penting dalam transformasi ekonomi nasional.

Pemerintah akan mendorong pentingnya Enviromental, Social, and Governance (ESG) dalam aktivitas ekonomi. Adapun, ESG merupakan standar operasional yang merujuk pada tiga kriteria utama dalam mengukur keberlanjutan investasi pada suatu perusahaan.

"Dan secara bertahap kembali ke sumber energi terbarukan untuk wujudkan ekonomi hijau," ujar dia.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement