Jokowi: Kasus Covid-19 Sedang Menanjak, Vaksinasi Perlu Dikebut

Rizky Alika
17 Februari 2022, 12:49
covid-19, jokowi, vaksinasi
Sekab.go.id
Pemerintah akan memulai pelaksanaan vaksinasi dosis lanjutan atau booster pada tanggal 12 Januari 2022 dengan prioritas bagi lansia dan kelompok rentan.

Kasus Covid-19 tengah meningkat di Tanah Air sejak awal tahun ini. Presiden Joko Widodo memerintahkan percepatan vaksinasi corona untuk menekan kenaikan angka penularan.

Menurutnya, ada dua kunci pengendalian virus corona, yaitu kecepatan vaksinasi dosis kedua dan dosis ketiga (booster) serta penerapan protokol kesehatan. Protokol tersebut utamanya ialah pemakaian masker.

"Kasus sekarang ini sedang naik sehingga diperlukan percepatan vaksinasi terutama untuk lansia dan anak," kata Jokowi saat meninjau pelaksanaan vaksinasi di 12 provinsi melalui konferensi video, Kamis (17/2).

Dalam kesempatan itu, Presiden juga meminta kepala daerah untuk mempercepat vaksinasi dengan menggandeng aparat TNI dan Polri. Kemudian, pemberian vaksin booster juga perlu dipercepat untuk wilayah yang memiliki interaksi tinggi, seperti pasar, toko, dan lainnya.

Mantan Wali Kota Solo itu juga memastikan, stok vaksin saat ini mencukupi. "Stok vaksin mestinya seluruh daerah tidak ada masalah karena sangat banyak sekali," ujar dia.

Dalam kesempatan tersebut, setiap kepala daerah melaporkan capaian vaksinasi di setiap daerahnya. Bupati Majalengka Karna Sobahi mengatakan vaksinasi dosis pertama untuk usia 18 tahun ke atas mencapai 880.419 orang atau 84,4% dari target.

Kemudian, realisasi vaksinasi dosis kedua baru mencapai 61,26% dari target. Sedangkan, vaksinasi dosis ketiga kepada pelayan publik mencapai 16.100 orang.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...