Jokowi Sambut Ekosistem Motor Listrik: Gojek, TBS, Pertamina, Gesits

Rizky Alika
22 Februari 2022, 18:26
jokowi, kendaraan listrik, gojek
Antara
Presiden Joko Widodo saat meluncurkan ekosistem kendaraan listrik di SPBU MT Haryono, Jakarta Selatan, Selasa (22/2). Foto: Antara

Presiden Joko Widodo menyaksikan peluncuran ekosistem kendaran listrik yang melibatkan decacorn, perusahaan swasta, dan BUMN serta perusahaan asing, Selasa (22/2). Ekosistem tersebut dibangun oleh perusahaan patungan antara Gojek dan TBS Energi Utama yakni Electrum, dengan Pertamina, Gogoro, dan Gesits.

Kepala Negara berharap ekosistem kendaraan listrik nasional bisa terbentuk. Masyarakat dapat menggunakan 2 juta unit kendaraan listrik dalam beberapa tahun mendatang. 

"Kita targetkan nanti di 2025, 2 juta kendaraan listrik bisa digunakan oleh masyarakat," kata Jokowi di SPBU Pertamina MT Haryono, Jakarta, Selasa (22/2).

Dengan ekosistem tersebut, Jokowi berharap emisi karbon di Indonesia pada 2030 bisa mencapai 29%. Selanjutnya, Indonesia ditargetkan mencapai net zero carbon pada 2060.

Kemudian, Indonesia diharapkan menjadi produsen kendaraan listrik dan selanjutnya memperluas jangkauan ke pasar ekspor. Untuk itu, Presiden berharap pabrik baterai listrik bisa segera memproduksi dalam kapasitas besar.

Demikian pula dengan Gesits yang diharapkan dapat meningkatkan kemampuan produksi.  "Kami harapkan negara kita Indonesia nanti betul-betul mampu merajai menjadi produsen dari kendaraan listrik," ujar dia.

Jokowi mengatakan, proses pengisian daya baterai kendaraan listrik dapat berlangsung singkat. Proses yang cepat itu dapat mendorong minat pengguna kendaraan listrik. "Karena lebih murah dan yang paling penting tidak menimbulkan polusi," katanya.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...