Jokowi: Dana Pembangunan Kawasan Inti IKN Seluruhnya dari APBN

Rizky Alika
22 Februari 2022, 15:43
Peta IKN, Jokowi, ibu kota, anggaran
Sekretariat negara
Peta IKN

Pemerintah tengah bersiap membangun Ibu Kota Nusantara di Kalimantan Timur. Presiden Joko Widodo mengatakan, anggaran pembangunan kawasan inti Ibu Kota Negara (IKN) seluruhnya menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

Kepala Negara memperhitungkan, 20% dari kebutuhan biaya pembangunan IKN secara keseluruhan berasal dari APBN. Sementara, 80% kebutuhan biaya akan dipenuhi dari Kerja Sama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU), Public Private Partnership (PPP), serta investasi langsung dari investor.

"Untuk kawasan inti yang di situ ada Istana dan gedung-gedung kementerian memang itu semua (anggaran)nya dari APBN," kata Jokowi dalam peresmian Tower Nasdem di Jakarta, Selasa (22/2).

Sebagai informasi, biaya pembangunan ibu kota baru diperkirakan mencapai Rp 466 triliun dengan dana dari APBN kurang dari 20%. Penggunaan uang negara bisa secara langsung maupun dengan skema pengelolaan aset negara dengan mekanisme PNBP-earmark. Sementara lebih dari 80% pembiayaan ibu kota baru akan melalui skema KPBU, investasi swasta, maupun BUMN dan BUMD.

Sebelumnya, Kementerian Keuangan memastikan kehadiran negara untuk pembiayaan ibu kota baru akan fleksibel. Salah satunya melalui penugasan kepada BUMN dengan memberikan Penyertaan Modal Negara (PMN).

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...