Rusia Makin Dekati Kyiv, Presiden Ukraina Janji Tak Akan Menyerah

Rizky Alika
26 Februari 2022, 20:58
ukraina, rusia, perang
Reuters
Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskiy saat berbicara dalam Konferensi Keamanan Munich, Jerman, 19 Februari 2022. REUTERS/Andreas Gebert

Rusia masih belum menghentikan serangannya ke Ukraina. Bahkan Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy berjanji akan ikut berperang jika pasukan Negeri Beruang Merah menyerbu ibu kota Kyiv.

Zelenskyy juga menepis informasi yang menyatakan dirinya meminta tentara Ukraina untuk meletakkan senjata. "Saya di sini. Kami tidak akan meletakkan senjata apapun. Kami akan membela negara kami,” katanya dalam sebuah rekaman, Sabtu (26/2) dikutip dari Al-Jazeera.

Dalam video sebelumnya, Zelenskyy meminta warganya untuk bertahan. Dia juga mengingatkan bahwa serangan ke Kyiv dan kota-kota lainnya datang pada malam hari.

Dia juga bertekad untuk mempertahankan Kyiv dari invasi tetangganya itu. “Banyak kota kita sedang diserang, Chernihiv, Sumy, Kharkiv, (wilayah) Donbas,” katanya.

Adapun Rusia terus mendekat ke Kyiv usai membombardir kota tersebut dengan misil. Bahkan, mereka telah merebut pembangkit listrik tenaga nuklir Chernobyl di utara Kyiv.

Pejabat Ukraina menyatakan pendudukan pembangkit listrik tersebut merupakan ancaman serius bagi Rusia.   "Tak mungkin mengatakan pembangkit listrik nuklir Chernobyl aman setelah serangan yang tidak jelas dilakukan oleh Rusia," kata penasihat kantor presiden Ukraina Mykhailo Podolyak, dikutip dari Reuters, Jumat (25/2).

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...