Aturan Baru Perjalanan Internasional Masuk RI, Karantina Cukup 1 Hari

Ameidyo Daud Nasution
8 Maret 2022, 20:05
karantina, covid-19, internasional
ANTARA FOTO/Fauzan/rwa.
Sejumlah penumpang pesawat berada di Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Selasa (1/3/2022).

Pemerintah kembali memangkas waktu karantina bagi Pelaku Perjalanan Luar Negeri (PPLN) menjadi satu hari. Meski demikian, aturan tersebut hanya berlaku bagi mereka yang telah mendapatkan vaksin Covid-19 dosis lengkap ataupun booster.

Hal tersebut diatur dalam Surat Edaran Kepala Satuan Tugas Penanganan Covid-19 yang diteken Kepala Satgas Letjen TNI Suharyanto pada Selasa (8/3). Sedangkan PPLN yang baru menerima vaksin dosis pertama harus menjalani karantina selama tujuh hari.

Advertisement

Satgas juga mengatur PPLN yang masuk Indonesia dengan kondisi belum mendapatkan vaksin Covid-19. Bagi Warga Negara Indonesia (WNI), mereka akan divaksinasi di tempat karantina setelah hasil tes Polymerase Chain Reaction (PCR) kedua menunjukkan hasil negatif.

Sedangkan bagi Warga Negara Asing (WNA) juga akan mendapatkan vaksin di tempat karantina setelah hasil tes PCR kedua negatif. Meski demikian, warga asing yang boleh mendapatkan vaksin hanya meliputi mereka dengan usia 12-17 tahun, pemegang izin tinggal diplomatik dan izin dinas, serta pemeng kartu izin tinggal terbatas (KITAS) dan kartu izin tigngal tetap (KITAP).

Satgas juga mengatur seluruh PPLN harus menunjukkan hasil negatif tes PCR dalam kurun waktu maksimal 2x24 jam sebelum keberangkatan ke Indonesia. Hasil tersebut akan dilampirkan saat pemeriksaan kesehatan.

Adapun PPLN dengan masa karantina satu hari tetap perlu melakukan tes PCR kedua secara mandiri pada hari ketiga setelah tiba di Indonesia. Sedangkan mereka yang karantina selama tujuh hari akan melakukan tes pada hari keenam karantina. Hasil tes wajib dilaporkan kepada petugas Kantor Kesehatan Pelabuhan di wilayah masing-masing. 

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement