Jokowi Blusukan Bareng Megawati ke Tempat Persemaian Modern Rumpin

Rizky Alika
10 Maret 2022, 15:20
jokowi, megawati, lingkungan
Biro Pers Sekretariat Presiden
Presiden Joko Widodo bersama Megawati Soekarnoputri meninjau persemaian Modern Rumpin, Bogor, Jawa Barat pada Kamis (10/3). Foto: Rusman (Biro Pers Sektretariat Presiden)

Presiden Joko Widodo meninjau persemaian Modern Rumpin, Bogor, Jawa Barat pada Kamis (10/3). Pada kesempatan itu, Jokowi turut didampingi oleh Presiden ke-5 sekaligus Ketua Dewan Pengarah Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Megawati Soekarnoputri.

Pada kesempatan itu, keduanya tampak berkeliling meninjau kawasan Persemaian Modern Rumpin. Kepala Negara mengatakan, Megawati telah memberikan sejumlah masukan terkait persemaian.

"Terima kasih kepada Ibu Megawati yang banyak memberikan masukan dalam hal yang berkaitan nursery, penghijauan, maupun rehabilitasi lahan di wilayah seluruh Tanah Air," kata Jokowi di Rumpin, Kamis (10/3).

Selain itu, Jokowi dan Megawati juga sempat naik kendaraan boogie untuk mengelilingi kawasan persemaian. Turut mendampingi pula Sekretaris Kabinet Pramono Anung dan Dewan Pengarah BRIN Bambang Kesowo.

Dalam kesempatan itu, Kepala Negara memastikan persemaian menjadi upaya pemerintah untuk program penghijauan, rehabilitasi lahan-lahan kritis maupun yang sering longsor dan banjir. Untuk itu, pemerintah akan membangun 30 persemaian pada tahun ini.

Adapun, persemaian Rumpin diperkirakan bisa memproduksi sekitar 12 juta bibit tanaman dan pohon. Bibit itu meliputi pohon albasia, sengon, eukaliptus, manglid, jati, dan mahogani. "Semuanya ada," ujar mantan Wali Kota Solo itu.

Persemaian tersebut diharapkan dapat mendukung penelitian kekayaan plasma nutfah yang terdapat di Indonesia. Di samping itu, Jokowi berharap agar pembangunan persemaian tidak hanya memberikan manfaat dalam hal lingkungan, tetapi juga membantu meningkatkan perekonomian.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...