Jokowi Resmi Lantik Bambang Susantono dan Dhony Rahajoe Pimpin IKN

Rizky Alika
10 Maret 2022, 15:57
ikn, jokowi, ibu kota
Katadata
Presiden Joko Widodo melantik Bambang Susantono dan Dhonny Rahajoe sebagai Kepala dan Wakil Kepala IKN, Kamis (10/3). Foto: Tangkapan layar Youtube Sekretariat Presiden

Presiden Joko Widodo resmi melantik Bambang Susantono dan Dhony Rahajoe sebagai Kepala dan Wakil Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN). Pelantikan dilakukan di Istana Negara, Jakarta, Kamis (10/3).

Adapun, pelantikan dilakukan berdasarkan Keputusan Presiden RI Nomor 9 M tahun 2022 tentang Pengangkatan Kepala dan Wakil Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara. Keputusan tersebut mulai berlaku pada 9 Maret 2022.

Saat pelantikan, Jokowi memimpin pembacaan sumpah jabatan yang selanjutnya diikuti oleh Bambang dan Dhony. "Demi Allah saya bersumpah akan memenuhi kewajiban saya sebagai Kepala dan Wakil Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya," kata Bambang dan Dhony bersamaan.

Pelantikan dilanjutkan dengan mengumandangkan lagu Kebangsaan Indonesia Raya. Selanjutnya, Jokowi memberikan ucapan selamat kepada Bambang, Dhony, dan Andi Sudirman Sulaiman yang baru saja dilantik sebagai Gubernur Sulawesi Selatan.

Sebelumnya, Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden (KSP) Wandy Tuturoong mengatakan ada alasan khusus Jokowi menunjuk kedua orang tersebut. Bambang memiliki pengalaman di pemerintahan dan memiliki keahlian yang dibutuhkan untuk memimpin Ibu Kota Nusantara.

"Pak Bambang punya keahlian di bidang transportasi, infrastruktur, dan perhubungan," kata Wandy dalam pesan singkat, Kamis (10/3).

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...