Penularan Covid-19 Reda, 98% Penduduk AS Bisa Lepas Masker

Rizky Alika
11 Maret 2022, 11:30
covid-19, amerika serikat, masker
ANTARA FOTO/REUTERS/Shannon Stapleton/FOC/dj
Shannon Stapleton Seorang wanita memakai masker, ditengah pandemi virus corona (COVID-19), berjalan saat prosesi pemakaman di kawasan Pecinan wilayah Manhattan, Kota New York, Amerika Serikat, Kamis (10/2/2022).

Angka penularan Covid-19 terus menurun di Amerika Serikat (AS). Bersamaan dengan itu, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) AS pun mengatakan, sekitar 98% populasi tidak perlu memakai masker di dalam ruangan karena berada di wilayah dengan kasus rendah.

CDC juga akan bekerja sama dengan lembaga pemerintah lainnya untuk sosialisasi kebijakan tersebut. "Untuk membantu menginformasikan kerangka kebijakan yang direvisi tentang kapan dan dalam keadaan apa masker harus digunakan," ujar CDC, seperti dikutip dari Reuters, Jumat (11/3).

Bulan lalu, CDC mengatakan 70% wilayah yang mencakup 72% orang Amerika dapat melepaskan masker. Masyarakat dapat melepas masker di negara dengan level Covid-19 sedang atau rendah. 

Kemudian pada minggu lalu, badan tersebut menyebutkan 85,4% daerah yang mencakup 93% populasi memiliki tingkat Corona sedang atau rendah dapat melepaskan masker. Menyusul hal tersebut, otoritas setempat meniadakan persyaratan masker di gedung-gedung federal di wilayah Washington dan tempat-tempat lain dengan tingkat corona rendah atau sedang.

Terbaru, CDC mengatakan 98% orang yang tinggal di 94% wilayah AS dapat menanggalkan masker. Di sisi lain, CDC memperpanjang syarat penggunaan masker bagi para pelaku perjalanan di pesawat, kereta api, dan hub transit hingga 18 April.

Keputusan itu diperpanjang sebulan dari yang semestinya berakhir pada 18 Maret. Administrasi Biden pun setuju terhadap perpanjangan persyaratan tersebut.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...