Cara Memakai Masker yang Benar Agar Terhindar dari Virus Corona

Saat ini penggunaan masker menjadi kebutuhan setiap orang. Agar terhindar dari penularan virus corona, kita perlu memahami cara memakai masker yang benar. Berikut ini penjelasannya.
Image title
23 Februari 2022, 18:33
Cara Memakai Masker yang Benar Agar Terhindar dari Virus Corona
ANTARA FOTO/REUTERS/Dylan Martinez/WSJ/sad.
Dylan Martinez Seorang pengantar yang mengenakan masker menunggu dimulainya upacara saat Final Slopestyle Freeski Putra di Genting Snow Park, Zhangjiakou, Cina, Rabu (16/2/2022).

Semenjak pandemi, masker menjadi benda penting yang harus dikenakan. Masker diperlukan untuk melindungi diri agar tidak tertular penyakit termasuk Covid-19. Agar bisa melindungi dengan baik, kita juga harus menerapkan cara memakai masker yang benar.

Cara Menggunakan Masker yang Tepat

Berdasarkan penjelasan di laman resmi covid19.id, berikut ini cara menggunakan masker yang benar.

  1. Sebelum menggunakan masker, pastikan telah mencuci tangan pakai sabun dan air mengalir atau menggunakan hand sanitizer.
  2. Pasang masker untuk menutupi mulut dan hidung serta pastikan tidak ada sela antara wajah dengan masker.
  3. Hindari menyentuh masker saat digunakan. Jika tersentuh, maka segeralah cuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir atau menggunakan hand sanitizer.
  4. Ganti masker yang basah atau lembab.
  5. Apabila menggunakan masker medis, maka ganti masker setelah digunakan (masker medis hanya boleh digunakan satu kali). Untuk masker kain bisa digunakan berulang kali, namun harus rutin dicuci.
  6. Cara melepas masker yaitu dengan melepas dari belakang. Jangan sentuh bagian depan masker. Untuk masker sekali pakai, buang masker ke tempat sampah tertutup atau kantong plastik. Namun untuk masker kain, segera cuci menggunakan deterjen.

Cara Memakai Masker yang Benar di Masa Pandemi Covid-19

Sebagaimana disinggung sebelumnya, masker diperlukan untuk mencegah penularan Covid-19. Berdasarkan penjelasan di hellosehat.com, berikut cara memakai masker yang benar saat pandemi.

1. Pilih masker yang mempunyai lapisan lebih dari satu

Untuk mencegah tertular virus, alangkah baiknya untuk mengenakan masker dua lapis. Masker yang terbaik yaitu masker medis dengan lapisan lebih dari satu. Lapisan tersebut diperlukan untuk mencegah droplet masuk lewat masker dan mencegah virus keluar dari mulut atau hidung.

Advertisement

2. Menggunakan masker dengan kawat hidung

Cara mengenakan masker yang benar lainnya yaitu memastikan masker yang digunakan memiliki kawat di bagian hidung. Kawat tersebut berguna untuk mengencangkan sisi masker bagian atas. Dengan demikian, udara masuk dan keluar bisa diminimalisir.

3. Pastikan masker tidak memiliki celah

Ciri penggunaan masker dengan benar, maka pastikan masker tersebut tidak memiliki celah di kanan dan kiri. Anda juga bisa mengenakan mask fitter untuk memastikan celah masker tertutup dengan baik.

4. Menggunakan dua masker

Seiring dengan berkembangnya kasus positif covid-19, maka kita diperkenankan untuk mengenaan dua masker. Sangat disarankan untuk mengenakan masker medis pada bagian dalam dan masker kain di bagian luar.

Namun perlu diketahui, untuk masker dengan jenis KN95, kita tidak diperbolehkan melapisinya dengan masker biasa. Selain itu, kita juga tidak diperkenankan mengenakan dua masker medis sekaligus, sebab cara seperti ini diketahui kurang efektif untuk mencegah penularan covid-19.

5. Ikat tali masker

Cara memakai masker yang benar selanjutnya yaitu dengan mengikat tali masker. Hal ini dilakukan untuk memastikan wajah Anda terutup oleh masker. Dengan mengikat tali masker, maka sisi sebelah kanan dan kiri juga akan tertutup.

Cara Memilih Masker

Selain memahami cara menggunakan masker yang benar, kita juga perlu mengetahui cara memilih masker dengan tepat. Setidaknya saat ini kita mengenal dua jenis masker yaitu masker kain dan medis.

Kedunya memiliki fungsi yang sama yaitu untuk melindungi tubuh. Namun masing-masing jenis masker itu, memiliki keunggulan yang berbeda. Berikut penjelasannya.

1. Masker kain

Seperti namanya, jenis masker ini terbuat dari kain yang dijahit. Jenis masker kain saat ini sangat mudah ditemukan. Namun jika Anda ingin mengenakan masker kain, pastikan memilih masker kain dengan kualitas terbaik.

Untuk mengetahui kualitas masker kain, Anda bisa mengarahkan masker tersebut ke cahaya. Apabila tembuh pandang, berarti masker tersebut terlalu tipis dan kurang aman untuk digunakan. Pilihlah masker lain yang tebal namun tetap nyaman saat digunakan.

Masker kain sangat cocok digunakan di dalam atau luar ruangan. Untuk perlindungan ekstra, Anda bisa menggunakan masker kain di bagian luar dan masker sekali pakai pada bagian dalam.

2. Masker medis

Sama halnya dengan masker kain, masker medis juga cukup mudah ditemukan. Yang membedakan masker medis dengan masker kain yaitu pada frekuensi penggunaannya. Masker kain bisa digunakan berulang kali sedangkan masker medis hanya bisa digunakan satu kali saja. Maka dari itu, masker medis sering sering disebut juga sebagai masker sekali pakai.

Jenis masker ini biasanya memiliki kawat di bagian hidung yang berguna untuk memastikan masker rapat, sehingga meminimalisir droplet masuk atau keluar. Untuk memilih masker medis, hindari memilih masker yang terlalu longgar.

Sebab masker yang longgar memungkinkan droplet masuk dan keluar dari area mulut dan hidung. Selain itu, Anda juga harus segera mengganti masker apabila kotor atau basah.  

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait