Jokowi: Istana IKN Akan Dibangun di Ketinggian 80 Meter

Rizky Alika
15 Maret 2022, 10:58
jokowi, ikn, ibu kota
Biro Pers Sekretariat Presiden
Presiden Joko Widodo bersama jajaran Menteri saat bermalam di titik nol Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Kecamatan Sepaku, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Senin (14/3/2022).

Pemerintah telah resmi memulai pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN). Presiden Joko Widodo mengatakan, Istana Kepresidenan di akan dibangun di titik tertinggi ibu kota baru, sekitar 80 meter di atas permukaan laut (mdpl).

Lokasi tersebut berada di sekitar 2,7 kilometer dari titik nol. Adapun, titik nol IKN ditentukan berdasarkan hitungan geospasial oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

"Paling tinggi di sini sehingga bisa melihat seluruh penjuru kanan-kiri," kata Jokowi di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur yang dipublikasikan melalui video pada Selasa (15/3).

Jokowi mengatakan pembangunan infrastruktur dasar akan segera dimulai. Pemerintah pun tengah menyiapkan detail gambar kerja (Detail Engineering Design/DED).

Mantan Wali Kota Solo itu mengatakan, IKN akan memiliki konsep kota hutan. Saat ini pepohonan di ibu kota baru merupakan hutan tanaman industri yang bersifat homogen dan kerap ditebang setiap tujuh tahun.

Untuk itu, pemerintah akan melakukan rehabilitasi hutan di IKN. Salah satunya dilakukan dengan membangun pusat persemaian yang dapat memproduksi 20 juta bibit tanaman per tahun.

Selanjutnya, bibit tersebut akan ditanam untuk rehabilitasi hutan agar hutan di IKN tidak lagi bersifat homogen. Selain itu, pemerintah juga memperbaiki bekas tambang di wilayah IKN.

"Sehingga mampu menarik hewan untuk masuk, menarik burung-burung untuk masuk, kupu-kupu masuk," ujar dia.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...