Kepala Desa Protes Gaji Telat, Jokowi: Saya Terus Terang Tak Tahu

Rizky Alika
29 Maret 2022, 16:41
jokowi, desa, gaji
Antara
Presiden Joko Widodo saat meresmikan Jakarta Inacraft 2022 di Jakarta, Rabu (23/3). Foto: Antara

Presiden Joko Widodo menemui sejumlah kepala desa dari berbagai daerah. Di hadapan orang nomor satu di RI itu, kepala desa mengeluhkan gaji mereka yang kerap terlambat cair hingga tiga bulan.

Merespons hal tersebut, Jokowi mengatakan tidak mengetahui persoalan tersebut. Namun ia meminta Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian untuk membenahi masalah ini.

Advertisement

"Saya terus terang nggak tahu masa gaji diberikan tiga bulan sekali. Saya nggak ngerti," kata Jokowi dalam Pembukaan Silaturahmi Nasional Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) di Istora Senayan, Jakarta, Selasa (29/3).

Tito pun membalas permintaan Jokowi dengan membungkukkan badan. Kepala Negara berjanji, pemerintah akan mempercepat pencairan gaji kepala desa.  "Akan segera kami ubah dan kami usahakan setiap bulan," ujar Mantan Wali Kota Solo itu. 

Sebelumnya Ketua Umum Apdesi Surta Wijaya mengeluhkan gaji kepala desa yang tak diterima tiap bulan. Ia mengatakan, upah yang dikeluarkan setiap tiga bulan telah menghambat kehidupan kepala desa. Surta juga membandingkan dengan upah pegawai negeri diberikan setiap bulan.

"Harapan kami, Pak Presiden, gaji kita itu, waduh. Gaji kita itu harapannya sih setiap bulan dikeluarkan," kata Surta.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement