Maudy Ayunda Jadi Jubir Resmi Pemerintah dalam Presidensi G20 RI

Maudy Ayunda dipilih karena menguasai bahasa asing serta diharapkan mampu menjembatani komunikasi dengan milenial dan generasi Z.
Ameidyo Daud Nasution
31 Maret 2022, 17:33
Maudy Ayunda, g20, presidensi g20
instagram/maudyayunda
Jur Bicara Pemerintah untuk Presidensi G20 Maudy Ayunda. Foto; Instagram Maudyayunda

Presiden Joko Widodo resmi menunjuk Maudy Ayunda sebagai Juru Bicara Pemerintah  untuk Presidensi Indonesia G20. Maudy akan menyampaikan secara rutin informasi kegiatan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 kepada publik.

Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate mengatakan pemilihan Maudy lantaran aktris tersebut menguasai beberapa bahasa asing. Selain itu Maudy diharapkan mampu menjembatani komunikasi soal G20 dengan milenial dan generasi Z.

"Saudari Maudy merupakan lulusan program sarjana Philosophy, Politics, and Economics University of Oxford, serta lulusan Master of Business Adminsitration dan Master of Arts in Education dari Stanford University," kata Johnny dalam konferensi pers di Istana Kepresidenan, Kamis (31/3).

 Selain informasi KTT G20, Maudy juga akan menyampaikan perkembangan dari pertemuan working group, engagement group, dan side event acara G20 Indonesia secara rutin kepada masyarakat. 

"Sehingga masyarakat Indonesia dan dunia dapat mengikuti perkembangan dan substansi agenda G20 Indonesia," kata Johnny.

Politisi Nasdem itu juga berharap momentum Presidensi G20 Indonesia bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk kepentingan bangsa. Apalagi hal ini merupakan wujud kepercayaan dunia internasional kepada RI.

"Untuk itu jubir memegang fungsi yang sangat penting karena sosialisasi dan promosi G20 perlu dilakukan secara optimal," ujarnya.

Dikutip dari berbagai sumber, Maudy Ayunda merupakan aktris sekaligus penyanyi. Ia merupakan lulusan program sarjana Philosophy, Politics, and Economics (PPE) dari Universitas Oxford, Inggris tahun 2016 silam.

Usai lulus, Maudy lalu melanjutkan pendidikannya di Universitas Stanford dan mendapatkan gelar Master of Business Administration (MBA) dan Master of Arts (M.A.) in Education.

Beberapa film yang pernah dibintanginya antara lain Perahu Kertas, Perahu Kertas 2, Untuk Rena, hingga Habibie & Ainun 3. Di luar film, Maudy juga aktif jadi pembicara dalam sejumlah forum internasional seperti Post 2015 Regional Conference hingga Global Media Forum. 

Reporter: Rizky Alika

Dalam rangka mendukung kampanye penyelenggaraan G20 di Indonesia, Katadata menyajikan beragam konten informatif terkait berbagai aktivitas dan agenda G20 hingga berpuncak pada KTT G20 Oktober 2022 nanti. Simak rangkaian lengkapnya di sini.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait