Jokowi dan PM Malaysia Sepakat Harga Minyak Sawit Diatur Bersama

Rizky Alika
1 April 2022, 14:51
malaysia, jokowi, sawit
Antara
Presiden Joko Widodo menerima PM Malaysia Ismail Sabri Yaakob di Istana Merdeka, Jakarta, Jumat (1/4). Foto: Antara

Presiden Joko Widodo menerima kedatangan Perdana Menteri Malaysia Dato' Sri Ismail Sabri Yaakob di Istana Merdeka, Jakarta pada Jumat (1/4). Dalam kesempatan itu, kedua negara berencana mengatur bersama harga minyak kelapa sawit.

Ini lantaran Malaysia dan Indonesia merupakan dua negara yang menguasai ekspor minyak kelapa sawit. "Kami berdua bersetuju. Harga minyak kelapa sawit patut ditentukan bersama oleh pihak Malaysia dan Indonesia," kata Ismail Sabri dalam konferensi pers di Istana Merdeka, Jakarta, Jumat (1/4).

Sebagaimana diketahui, naik turunnya harga komoditas sawit dan minyak sawit mentah (CPO) dunia mengacu pada Bursa Malaysia Derivatives. Selain itu, pergerakan harga komoditas sawit dan CPO masih terkait fluktuasi dolar Amerika Serikat.

Padahal, Indonesia menjadi eksportir kelapa sawit terbesar di dunia. Menurut data Kementerian Pertanian, total nilai ekspor kelapa sawit dari Indonesia mencapai US$ 17,36 miliar pada 2020. Angka tersebut memberikan kontribusi sebesar 53,46% dari total nilai ekspor kelapa sawit global yang mencapai US$32,48 miliar pada 2020.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...