Banten Digoyang Gempa, Guncangan Terasa di Jakarta hingga Sukabumi

Gempa kerap terjadi di wilayah barat daya Banten sejak awal Januari
Ameidyo Daud Nasution
1 April 2022, 15:29
gempa, jakarta, banten
Pixabay
Ilustrasi gempa

Gempa magnitudo 5,1 mengguncang Banten pada Jumat pukul 14.14 WIB. Gempa yang berada di 35 kilometer barat daya Banten ini sempat dirasakan hingga daerah sekitarnya seperti DKI Jakarta hingga Jawa Barat.

Dari data Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), titik gempa berada di 7,14 derajat Lintang Selatan dan 106,01 derajat bujur Timur dengan  kedalaman gempa 10 kilometer. Dampak lindu juga sempat dirasakan di beberapa gedung bertingkat yang ada di ibu kota.

Selain itu guncangan sempat terasa di kota dan kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. "Kami masih melakukan pendatan dampak gempa," kata Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Sukabumi Imran Wardhani, Jumat (1/4) dikutip dari Antara.

Pertengahan Januari lalu,  wilayah barat daya Banten sempat diguncang gempa berkekuatan 6.6 Skala Richter. Akibatnya, guncangan juga terasa hingga DKI Jakarta. 

Advertisement

"Jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas subduksi," kata Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Bambang Setiyo Prayitno, Jumat (14/1).

Saat itu gempa mengakibatkan kepanikan di wilayah perkantoran yang ada di ibu kota. Gempa juga mengakibatkan ratusan Pegawai Negeri Sipil di Balai Kota Jakarta dan Gedung DPRD DKI juga berhamburan keluar. Beberapa pekerja bahkan melanjutkan pekerjaan mereka di halaman depan.

Dua pekan kemudian, wilayah selatan Banten kembali diguncang gempa pada Jumat (4/2) pukul 17.10 WIB. Getaran gempa tersebut juga terasa hingga ke DKI Jakarta.

Reporter: Antara
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait