Jokowi Minta Para Menteri Waspadai Arus Mudik Lebaran Lampaui Prediksi

Rizky Alika
6 April 2022, 13:59
mudik, jokowi, lebaran
ANTARA FOTO/HO/Biro Pers Sekretariat Presiden/tom.
Presiden Joko Widodo menyampaikan ucapan selamat menunaikan ibadah puasa Ramadhan 1443 H di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Sabtu (2/4/2022).

Pemerintah mengizinkan masyarakat untuk mudik pada Lebaran tahun ini. Presiden Joko Widodo pun memperkirakan, jumlah warga yang pulang kampung bisa melebihi prediksi semula yakni 79 juta orang.

Kepala Negara juga melihat tanda bahwa semua masyarakat ingin mudik. Untuk itu, perlu persiapan ekstra untuk menangani arus keberangkatan dan arus balik mudik.

"Hati-hati arus mudik ini bisa di luar perkiraan kita," kata Jokowi dalam Sidang Kabinet di Istana Negara, Jakarta, Selasa (5/4).

Ia pun meminta Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, Kepala Polri Jendera Listyo Sigit Prabowo, hingga TNI untuk berkoordinasi. Mereka diharapkan dapat mempersiapkan jalur mudik untuk mengurangi kemacetan dan penumpukan arus kendaraan. "Harus mulai dihitung betul," kata Mantan Wali Kota Solo itu.

Sebagaimana diketahui, kebijakan aktivitas Ramadan dan Lebaran tahun ini lebih longgar daripada dua tahun silam. Sebelumnya, mudik Lebaran dilarang untuk sementara waktu.

Saat ini, pemerintah mengizinkan masyarakat pulang kampung, asalkan pemudik sudah menjalani tiga kali vaksin. Bagi yang belum menerima vaksin booster, diperbolehkan mudik dengan syarat tertentu.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...