Jokowi Tetapkan Cuti Bersama Lebaran Jatuh Pada Tanggal 29 April-6 Mei

Ameidyo Daud Nasution
6 April 2022, 17:10
jokowi, libur
ANTARA FOTO/HO/Biro Pers Sekretariat Presiden/tom.
Presiden Joko Widodo menyampaikan ucapan selamat menunaikan ibadah puasa Ramadhan 1443 H di Ista

Presiden Joko Widodo menyatakan libur Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriyah akan jatuh pada 2 dan 3 Mei 2022.  Cuti bersama diputuskan berjumlah empat hari di luar hari libur nasional, yakni Jumat (29 April), kemudian Rabu (4/5) hingga Jumat (6/5). 

Sedangkan total libur dan cuti bersama menjadi delapan hari. Keputusan cuti bersama akan diatur dalam keputusan bersama menteri.

"Cuti bersama bisa digunakan untuk bersilaturahmi bersama keluarga dan handai taulan," kata Jokowi dalam keterangan pers pada Rabu (6/4).

Namun Jokowi juga mengingatkan warga agar waspada lantaran pandemi belum usai. Oleh sebab itu masyarakat diminta tetap patuh protokol kesehatan.  "Segera melengkapi vaksinasi booster dan harus tetap jaga protokol kesehatan," kata Jokowi.

Sebelumnya, Jokowi melihat tanda bahwa semua masyarakat ingin mudik. Untuk itu, perlu persiapan ekstra untuk menangani arus keberangkatan dan arus balik mudik.

"Hati-hati arus mudik ini bisa di luar perkiraan kita," kata Jokowi dalam Sidang Kabinet di Istana Negara, Jakarta, Selasa (5/4).

Ia pun meminta Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, Kepala Polri Jendera Listyo Sigit Prabowo, hingga TNI untuk berkoordinasi. Mereka diharapkan dapat mempersiapkan jalur mudik untuk mengurangi kemacetan dan penumpukan arus kendaraan. "Harus mulai dihitung betul," kata Mantan Wali Kota Solo itu.

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...