Jokowi Minta Angka Penularan Covid-19 Tetap Turun Usai Lebaran

Rizky Alika
6 April 2022, 16:56
jokowi, covid-19, virus corona, mudik
Biro Pers Sekretariat Presiden
Presiden Joko Widodo

Presiden Joko Widodo menggelar rapat terbatas (ratas) Persiapan Menghadapi Idulfitri 2022 di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Rabu (6/4). Dalam kesempatan itu, Jokowi menekankan kasus Covid-19 yang sudah turun untuk tetap dipertahankan.

Untuk itu, Presiden menginstruksikan jajarannya untuk meningkatkan laju vaksinasi dosis kedua dan booster, khususnya bagi masyarakat yang melakukan mudik. Hal ini dilakukan pemerintah agar dapat terus melindungi masyarakat sekaligus menekan laju penyebaran Covid-19.

"Syukur-syukur setelah Lebaran nanti (kasus) justru lebih rendah," kata Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy dalam keterangan pers, Rabu (6/4).

Hasil uji lapangan menunjukkan, vaksinasi booster menjadi faktor penting untuk menekan angka kasus Covid-19 dan kematian pada pasien corona. "Tingkat ketangguhan imunitasnya beberapa kali lipat dibanding yang belum mengikuti booster," kata Muhadjir.

Kepala Negara juga meminta ibadah Tarawih bisa dilaksanakan sekaligus dengan vaksinasi dan booster. Oleh sebab itu masyarakat yang akan mudik bisa mengunjungi gerai vaksinasi di beberapa masjid, terutama di wilayah seperti Jabodetabek, Jawa Barat, dan Jawa Tengah.

Selain itu, Kepala Negara juga menekankan agar pelaksanaan mudik tahun ini diatur secara tepat dan ketat. Dengan demikian, pulang ke kampung halaman tidak menimbulkan risiko penularan corona.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...