Usai Pernyataan Jokowi, KSP Minta Gaduh Masa Jabatan Presiden Diakhiri

Ameidyo Daud Nasution
6 April 2022, 19:56
jokowi, masa jabatan, tiga periode, ksp
ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/rwa.
Kepala Kantor Staf Presiden Moeldoko memberi keterangan pers di kediamannya kawasan Menteng, Jakarta, Rabu (3/2/2021).

Presiden Joko Widodo telah meminta para menteri agar menghentikan pembahasan isu perpanjangan masa jabatan presiden. Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko mengatakan dengan adanya arahan Jokowi, maka masyarakat perlu menyudahi polemik ini. 

Moeldoko mengatakan saat ini pemerintah masih sibuk menghadapi pandemi Covid-19. Belum lagi ada konflik Ukraina dan Rusia yang berdampak pada perekonomian masyarakat.

"Presiden sudah jelas. Mau ngomong apa lagi? Sekali lagi saya ingatkan, cukup berpolemik tentang ini," kata Moeldoko di kantor KSP, Jakarta, Rabu (6/4) dikutip dari Antara.

Saat ini pemerintah sedang berkonsentrasi menyiapkan skenario mengatasi masalah ekonomi. Makanya Moeldoko meminta semua orang dapat berpikir ke depan. 

"Jangan berbicara yang tidak produktif (dengan bicara) perpanjangan dan tiga periode," kata mantan Panglima Tentara Nasional Indonesia (TNI) itu.

Usulan penundaan Pemilu dan perpanjangan masa jabatan sempat dilontarkan oleh sejumlah pihak seperti Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa Muhaimin Iskandar hingga Ketum Partai Golkar Airlangga Hartarto. Moeldoko mengatakan wacana tersebut bukan ranah pembahasan eksekutif, namun legislatif. 

"Kalau itu menggelinding di Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), maka itu urusan DPR," ujarnya.

Sebelumnya Jokowi meminta para menteri tak lagi menyuarakan wacana perpanjangan masa jabatan hingga penundaan Pemilihan umum 2024. Presiden memerintahkan para pembantunya fokus bekerja mencari jalan keluar di tengah situasi global yang pelik. 

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...