Hari Kartini, Iriana Jokowi Beri Penghargaan ke 514 Perempuan

Rizky Alika
21 April 2022, 11:36
perempuan, wanita, kartini
Antara
Ibu Negara Iriana Joko Widodo pada Peringatan Hari Kartini Tahun 2022 di Istana Negara, Jakarta, Kamis (21/4). Foto: Antara.

Peringatan Hari Kartini ke-144 jatuh pada hari ini (21/4). Pada kesempatan tersebut, Ibu Negara Iriana Joko Widodo memberikan penghargaan kepada 514 perempuan di seluruh kabupaten/kota di Tanah Air.

Penghargaan diberikan kepada perempuan yang telah berkontribusi di sejumlah bidang. "Termasuk bidang pendidikan, kesehatan, sosial budaya, lingkungan hidup, dan pertanian," kata Iriana pada Peringatan Hari Kartini Tahun 2022 di Istana Negara, Jakarta, Kamis (21/4).

Penghargaan itu menjadi bukti perempuan juga berjasa, berprestasi, dan berkontribusi bagi masyarakat di sekitarnya. Selain itu, para perempuan juga memberikan andil dalam pengendalian pandemi Covid-19.

Ia turut mengucapkan terima kasih kepada seluruh tenaga kesehatan perempuan yang telah mengendalikan pandemi di Tanah Air. Duka cita juga diucapkan kepada perempuan yang gugur saat menjadi garda terdepan dalam menangani Covid-19.

Iriana memastikan, peran perempuan sangat diharapkan untuk berkontribusi mendorong pemulihan akibat pandemi. "Ini merupakan potensi besar guna mempercepat pemulihan dan meningkatkan perekonomian," ujar dia.

Untuk itu, pemerintah terus berkomitmen memberikan peluang besar kepada perempuan Indonesia untuk berkarya dan memaksimalkan potensinya di segala sektor.

Pada kesempatan itu, Iriana mengatakan peringatan Hari Kartini dimaknai sebagai era kebangkitan perempuan Indonesia. Kebangkitan yang dimaksud ialah dalam melawan pandemi dan memulihkan ekonomi. "Sehingga kita bisa segera mewujudkan Indonesia maju," ujar dia.

Sedangkan dari data Badan Pusat Statistik (BPS), sumbangan pendapatan perempuan sebesar 37,22% pada 2021. Artinya, perempuan Indonesia berkontribusi sebanyak 37,2% terhadap pendapatan keluarga. 

Sementara, Ketua Panitia Peringatan Hari Kartini 2022 sekaligus Istri Menteri Dalam Negeri, Tri Tito Karnavian mengatakan, penghargaan diberikan dari Oase Kabinet Indonesia Maju yang bekerja sama dengan kementerian/lembaga dan pemerintah provinsi. Adapun, Oase Kabinet Indonesia Maju merupakan organisasi pemerintah non profit yang diinisasi oleh Iriana.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...