5 Wanita Inspiratif Indonesia versi Forbes

Beberapa hari lalu, Forbes merilis nama wanita inspiratif Indonesia. Siapa saja yang masuk dalam daftar tersebut? Simak penjelasan lengkapnya berikut ini.
Image title
21 April 2022, 08:53
Wanita Inspiratif Indonesia Versi Forbes
instagram.com/forbesindonesia/
Wanita Inspiratif Indonesia Versi Forbes

Hari ini, Indonesia tengah memperingati Hari Kartini yang jatuh setiap 21 April. Bagi masyarakat Indonesia khususnya kaum wanita, Hari Kartini merupakan momentum bersejarah. Pasalnya di hari ini, kita banyak mengenang perjuangan Raden Ajeng Kartini sebagai salah satu wanita inspiratif di Indonesia.

R.A. Kartini merupakan tokoh pahlawan wanita yang menjadi pelopor kebangkitan perempuan Indonesia. Dahulu, R.A. Kartini banyak berbicara tentang kesetaraan hak perempuan terutama dalam hal pendidikan, ekonomi, hingga politik.

Tak bisa dipungkiri, karena perjuangan beliau lah perempuan Indonesia kini bisa mengenyam pendidikan setinggi mungkin dan bisa berperan aktif di berbagai bidang. Selain Kartini, sebenarnya masih banyak perempuan inspiratif lainnya yang berjuang dibidangnya masing-masing.

Bahkan di era modern seperti saat ini, muncul tokoh-tokoh perempuan yang tak kalah hebatnya dengan sosok R.A. Kartini. Siapakah mereka? Simak penjelasan lengkapnya.

Advertisement

Wanita Inspiratif Indonesia 2022

Forbes merupakan majalah bisnis dan finansial asal Amerika Serikat. Di indonesia, majalah ini pertama kali diterbitkan pada tahun 2010. Majalah yang satu ini sering mengeluarkan edisi khusus. Dan di momen Hari Kartini, Forbes mengeluarkan edisi khusus yang menunjukkan daftar perempuan inspiratif di Indonesia.

Dalam unggahan di Instagram @forbesindonesia, di edisi Inspiring Women Forbes Indonesia ada lima wanita inspiratif Indonesia dari berbagai bidang, mulai dari ilmuwan hingga aktris.

Siapa saja perempuan Indonesia yang masuk dalam daftar wanita inspiratif versi Forbes? Berikut penjelasannya.

1. Febriany Eddy

Febriany Eddy merupakan Presiden Direktur sekaligus Chief Executive Office (CEO) PT. Vale Indonesia Tbk setelah pengangkatannya disetujui dalam Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan 29 April 2021 lalu.

Febriany menjadi perempuan pertama di Indonesia yang menjabat sebagai CEO sekaligus Presiden Direktur perusahaan industri pertambangan mineral.

2. Dr. Carina Joe

Wanita inspiratif Indonesia lainnya yang disebutkan oleh Forbes yaitu Dr. Carina Joe atau Carina Citra Dewi Joe. Dr. Carina merupakan ilmuwan Indonesia yang berhasil memproduksi vaksin AstraZeneca.

Perlu diketahui bahwa vaksin ini merupakan salah satu vaksin Covid-19 yang digunakan di berbagai negara. Salah satu pemilik paten dari vaksin ini yaitu Dr. Carina.

3. Ira Noviarti

Selain Febriany Eddy, Ira Noviarti juga presiden direktur yang disebut Forbes sebagai perempuan inspiratif. Ira Noviarti diangkat menjadi Presiden Direktur PT. Unilever Indonesia Tbk melalui Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa pada 25 November 2020 dan efektif bekerja pada 1 Desember 2020.

Ira merupakan presiden direktur perempuan kedua sejak perusahaan Fast Moving Consumer Goods (FMCG) berdiri. Tentu saja pencapaian Ira Noviarti ini sangat luar biasa, wajar jika ia masuk dalam daftar wanita inspiratif.

4. H.E. Fientje Maritje Suebu

H.E. Fientje Maritje Suebu merupakan perempuan pertama asal Sentani, Papua yang berhasil dilantik menjadi Duta Besar. Fientje bertugas sebagai Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh Republik Indonesia untuk Selandia Baru.

Perempuan inspiratif ini memiliki mimpi besar untuk menunjukan kepada semua orang bahwa warga Papua juga bisa berdaya. Tak hanya itu, ia juga meyakini bahwa perempuan Papua dapat menjadi agen perubahan sesuai bidang keahliannya.

5. Maudy Ayunda

Ayunda Faza Maudya atau yang akrab disapa Maudy Ayunda merupakan tokoh inspiratif wanita muda Indonesia versi Forbes. Wanita cantik ini berporfesi sebagai seniman mulai dari bernyanyi hingga bermain film.

Tak hanya berprestasi dalam bidang seni, Maudy juga memiliki latar belakang pendidikan yang sangat bagus. Beberapa tahun lalu, Maudy sempat ramai diperbincangkan masyarakat Indonesia karena keberhasilannya diterima di dua perguruan tinggi bergengsi dunia, yaitu Harvard dan Stanford.

Pada akhirnya Maudy lebih memilih berkuliah S2 di Stanford University dan berhasil lulus dengan gelar M.A. dan MBA. Gelar tersebut didapatkannya setelah menyelesaikan studi di dua jurusan yaitu Adminstrasi Bisnis dan Pendidikan.

Terbaru, Maudy Ayunda ditunjuk Pemerintah sebagai Juru Bicara Pemerintah untuk Presidensi G20 Indonesia. Menteri Komunikasi dan Informatika, John G. Plate mengatakan bahwa pemilihan Maudy sebagai jubir dikarenakan aktris ini menguasai beberapa bahasa asing. Tak hanya itu, Maudy juga dinilai bisa menjembatani komunikasi prihal G20 dengan milenial dan generasi Z.

Itulah lima wanita inspiratif Indonesia versi Forbes. Kelima perempuan tersebut menjadi contoh bahwa perjuangan Kartini bisa dilakukan lewat berbagai bidang keahlian.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait