5 Wanita Inspiratif Indonesia versi Forbes

Siti Nur Aeni
21 April 2022, 08:53
Wanita Inspiratif Indonesia Versi Forbes
instagram.com/forbesindonesia/
Wanita Inspiratif Indonesia Versi Forbes

Hari ini, Indonesia tengah memperingati Hari Kartini yang jatuh setiap 21 April. Bagi masyarakat Indonesia khususnya kaum wanita, Hari Kartini merupakan momentum bersejarah. Pasalnya di hari ini, kita banyak mengenang perjuangan Raden Ajeng Kartini sebagai salah satu wanita inspiratif di Indonesia.

R.A. Kartini merupakan tokoh pahlawan wanita yang menjadi pelopor kebangkitan perempuan Indonesia. Dahulu, R.A. Kartini banyak berbicara tentang kesetaraan hak perempuan terutama dalam hal pendidikan, ekonomi, hingga politik.

Tak bisa dipungkiri, karena perjuangan beliau lah perempuan Indonesia kini bisa mengenyam pendidikan setinggi mungkin dan bisa berperan aktif di berbagai bidang. Selain Kartini, sebenarnya masih banyak perempuan inspiratif lainnya yang berjuang dibidangnya masing-masing.

Bahkan di era modern seperti saat ini, muncul tokoh-tokoh perempuan yang tak kalah hebatnya dengan sosok R.A. Kartini. Siapakah mereka? Simak penjelasan lengkapnya.

Wanita Inspiratif Indonesia 2022

Forbes merupakan majalah bisnis dan finansial asal Amerika Serikat. Di indonesia, majalah ini pertama kali diterbitkan pada tahun 2010. Majalah yang satu ini sering mengeluarkan edisi khusus. Dan di momen Hari Kartini, Forbes mengeluarkan edisi khusus yang menunjukkan daftar perempuan inspiratif di Indonesia.

Dalam unggahan di Instagram @forbesindonesia, di edisi Inspiring Women Forbes Indonesia ada lima wanita inspiratif Indonesia dari berbagai bidang, mulai dari ilmuwan hingga aktris.

Siapa saja perempuan Indonesia yang masuk dalam daftar wanita inspiratif versi Forbes? Berikut penjelasannya.

1. Febriany Eddy

Febriany Eddy merupakan Presiden Direktur sekaligus Chief Executive Office (CEO) PT. Vale Indonesia Tbk setelah pengangkatannya disetujui dalam Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan 29 April 2021 lalu.

Febriany menjadi perempuan pertama di Indonesia yang menjabat sebagai CEO sekaligus Presiden Direktur perusahaan industri pertambangan mineral.

2. Dr. Carina Joe

Wanita inspiratif Indonesia lainnya yang disebutkan oleh Forbes yaitu Dr. Carina Joe atau Carina Citra Dewi Joe. Dr. Carina merupakan ilmuwan Indonesia yang berhasil memproduksi vaksin AstraZeneca.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...