Bahas Bencana Global, Jokowi Bakal Buka Pertemuan GPDRR Pada 25 Mei

Rizky Alika
22 April 2022, 18:49
jokowi, bali, bencana
Lukas-Biro Pers Sekretariat Presiden
Presiden RI, Joko\Widodo dalam pembukaan Action on Forest and Land Use Event, 26th Conference of the Parties\(COP26) di Glasgow, Inggris, tanggal 2 November 2021

Indonesia tengah mempersiapkan diri menjadi tuan rumah pertemuan Global Platform for Disaster Risk Reduction (GPDRR)  2022 di Nusa Dua, Bali. Presiden Joko Widodo pun berencana membuka pertemuan yang membahas pengurangan risiko bencana tersebut bulan depan.

Jokowi akan menyampaikan sambutan pembukaan sebagai pernyataan resmi negara dan pernyataan bersama. Selain itu, para menteri akan menyampaikan pernyataan pada sesi pertemuan menteri, sesi tematik, acara sampingan, forum pemangku kepentingan, dan forum global kepala daerah.

"Pertemuan dibuka resmi pada 25 Mei 2022 yang direncanakan dibuka Bapak Presiden Indonesia," kata Deputi Bidang Sistem dan Strategi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Raditya Jati dalam konferensi pers daring, Jumat (22/4).

Ia memastikan, acara tersebut akan memutuskan beberapa hal penting terkait implementasi pengurangan risiko bencana hingga 2030. "Dan bangun resiliensi secara berkelanjutan, khususnya dari Bali untuk dunia," katanya.

Pada GPDRR ke-7, pemerintah akan melakukan serah terima secara simbolis kesepakatan yang telah ditandatangani pada Maret 200. Pertemuan global itu akan mengangkat tema Dari Risiko Menuju Ketangguhan: Mewujudkan Ketangguhan untuk Semua Perubahan Dunia dari Covid-19.

Adapun, Indonesia akan menjadikan pertemuan tersebut sebagai upaya membangun ketangguhan bangsa serta pemulihan dari Covid-19. Untuk itu, pemerintah mengusulkan lahirnya Deklarasi Bali untuk memperkuat kemitraan menuju ketahanan yang berkelanjutan.

"Indonesia akan bagikan pengalaman dan praktek baik dalam penanggulangan bencana, pengurangan risiko bencana dalam membangun resiliensi bangsa," ujar dia.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...