Jokowi Temui Majelis Rakyat Papua, Bahas Pemekaran Wilayah

Amelia Yesidora
25 April 2022, 18:33
papua, jokowi, pemekaran wilayah
Biro Pers Sekretariat Presiden
Presiden Joko Widodo

Presiden Joko Widodo bertemu delegasi pimpinan Majelis Rakyat Papua-Papua Barat (MRP) di Istana Merdeka siang ini. Dalam pertemuan tersebut, salah satu isu yang dibahas adalah terkait pemekaran provinsi di Papua.

Turut serta dalam pertemuan ini yaitu Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan HAM (Menko Polhukam) Mahfud MD, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, dan Deputi V Kantor Staf Kepresidenan (KSP) Jaleswari Pramodhawardani. 

Advertisement

Mahfud menjelaskan bahwa pembentukan daerah otonomi baru atau pemekaran provinsi ini menuai pro-kontra, namun itu adalah hal biasa. Bahkan, MRP sebetulnya tidak bisa begitu saja meminta pemekaran daerah.

“Sebenarnya untuk minta pemekaran di berbagai daerah itu rebutan. Ada 354 permohonan pemekaran dan berdasarkan kepentingan, kita mengabulkan untuk tiga provinsi,” kata Mahfud dalam keterangan di Youtube Sekretariat Presiden, Senin (25/4).

Dalam catatan Katadata, ada tiga provinsi baru yang bakal muncul di Bumi Cenderawasih pasca pemekaran, yakni Papua Selatan, Papua Tengah, dan Papua Pegunungan Tengah. Dengan itu, akan ada lima provinsi di Papua dan total 37 provinsi di Indonesia.

Menyoal opini yang tidak sepakat dengan pemekaran provinsi, Mahfud menanggapinya dengan data hasil survei dari lembaga kepresidenan. Menurut survei itu, sekitar 82% rakyat Papua setuju dan memang meminta pemekaran tersebut.

Halaman:
Reporter: Amelia Yesidora
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement