Dampak Pandemi Covid-19, 1,7 Juta Bayi Belum Dapat Imunisasi Dasar

Amelia Yesidora
12 Mei 2022, 18:10
imunisasi, vaksin, bayi, kemenkes
ANTARA FOTO/Mohamad Hamzah/aww.
Petugas kesehatan memeriksa bayi saat imunisasi di salah satu posyandu di Palu, Sulawesi Tengah, Rabu (2/3/2022).

Sebanyak 1,7 juta bayi di seluruh Indonesia masih belum mendapatkan imunisasi dasar lengkap. Kementerian Kesehatan mengatakan tingginya penyebaran Covid-19 menjadi alasan  orang tua khawatir membawa anaknya ke puskesmas untuk diimunisasi. 

Untuk memperbaiki keadaan ini, maka Kemenkes bekerjasama dengan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) untuk mencapai target minimal 85% dari 1,7 juta bayi memperoleh imunisasi dasar. Hal ini juga sejalan dengan landainya penularan Covid-19 dan bulan imunisasi anak nasional (BIAN) yang jatuh pada Mei 2022. 

Advertisement

Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kemenkes RI dr. Maxi Rein Rondunuwu mengatakan angka 1,7 juta ini tersebar di seluruh Indonesia. Angka ini di antaranya terdiri dari 139 ribu bayi di Aceh, 163 ribu bayi di Sumatra Utara, 149 ribu bayi di Riau, 116 ribu bayi di Sumatera Barat, dan 111 ribu di DKI Jakarta.

“Provinsi lain itu angkanya masih di bawah 100 ribu bayi. Saya kira pengalaman dengan vaksin Covid-19 ini tidak susah, asal ada dukungan dengan Kemendagri serta pemerintah daerah, maka target 85% bisa dicapai,” kata Maxi dalam Temu Media, Kamis (12/9).

Ketua Satgas Imunisasi Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) Hartono Gunadi menyatakan bahwa imunisasi dasar wajib diterima bayi. Pernyataan ini didukung oleh hasil penelitian yang menunjukkan bahwa penularan virus Covid-19 ini sebenarnya tidak lebih cepat dibanding campak yang bisa dicegah melalui imunisasi dasar. 

“itu setara dengan 80 kematian yang bisa dicegah dengan imunisasi,” kata Hartono.

Kemenkes juga menetapkan setiap bayi wajib menerima 14 macam imunisasi dasar, bertambah tiga dari ketetapan sebelumnya. Imunisasi tambahan pertama adalah vaksinasi Human Papillomavirus (HPV) yakni vaksin kanker serviks yang akan diberikan pada pelajar perempuan kelas 5 dan 6 Sekolah Dasar. 

Halaman:
Reporter: Amelia Yesidora
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement