Jokowi Tawarkan 4 Konsep Agar Dunia Tahan Bencana Alam hingga Pandemi

Ameidyo Daud Nasution
25 Mei 2022, 12:33
jokowi, bencana alam, gdprr
ANTARA FOTO/Wahyu Putro A/foc.
Presiden Joko Widodo (kanan) bersama UN Deputy Secretary-General Amina Mohammed (kiri) memegang kentongan saat membuka Global Platform for Disaster Risk Reduction (GPDRR) 2022 di BNDCC, Nusa Dua, Bali, Rabu (25/5/2022).

Presiden Joko Widodo menawarkan dunia internasional empat konsep agar lebih tangguh dalam menghadapi bencana alam.  Beberapa yang ditawarkan adalah investasi di sisi teknologi hingga pembangunan infrastruktur hijau.

Hal tersebut disampaikan Jokowi saat membuka pertemuan kebencanaan internasional The 7th Global Platform for Disaster Risk Reduction (GPDRR) 2022 di Bali, Rabu (25/5).  

“Kami menawarkan konsep berkelanjutan sebagai jawaban atas tantangan terhadap semua bencana, termasuk menghadapi pandemii,” kata Jokowi di Nusa Dua, Bali, Rabu (25/5).

Konsep pertama, memperkuat budaya dan kelembagaan yang antisipatif terhadap bencana. Salah satu yang dibenahi adalah pendidikan yang mengedepankan aman dan tanggap bencana.

Kedua, berinvestasi dalam sains, teknologi, hingga inovasi dalam menghadapi bencana. Ini termasuk menjamin akses pendanaan dan transfer teknologi. Jokowi mengatakan, Indonesia telah memiliki dana darurat bencana.

“Serta dana desa untuk mendukung upaya mitigasi dan kesiapsiagaan,” katanya.

Ketiga, membangun infrastruktur yang tangguh terhadap bencana dan perubahan iklim. Jokowi mengatakan, selain infrastruktur fisik, infrastruktur hijau seperti penanaman mangrove juga bisa digalakkan.

“Mangrove, cemara udang, lalu tanaman vetiver untuk mencegah longsor, serta pembangunan Ruang Terbuka Hijau (RTh) menjadi bagian,” kata Jokowi.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...