Syafii Maarif, Tokoh Kerukunan Agama yang Gemar Naik Sepeda

Ameidyo Daud Nasution
27 Mei 2022, 14:31
syafii maarif, muhammadiyah, meninggal
Antara
Ketua Umum PP Muhammadiyah periode 1998-2005 Ahmad Syafii Maarif. Foto: Antara

Mantan Ketua Umum Pengurus Pusat Muhammadiyah Ahmad Syafii Maarif meninggal dunia pada Jumat (27/5). Selama hidupnya, Syafii terkenal sebagai tokoh yang terus menperjuangkan demokrasi, kerukunan umat beragama, hingga pluralisme.

Buya, panggilan akrabnya, bahkan sempat mendapatkan Ramon Magsaysay Award pada 2008. Ia dianggap mampu membawa Muhammadiyah dalam demokrasi, reformasi, dan menjadi kekuatan dalam moderasi agama.

Selain itu ia kerap mengingatkan umat Islam agar mengedepankan dialog antar agama. Hal ini untuk meredam konflik sektarian yang terjadi antara mayoritas Muslim dan minoritas Kristen usai kejatuhan Suharto.

"Syafii Maarif mengingatkan umat bahwa Islam mengajarkan kesetaraan semua orang, memimpin dialog antaragama, dan memperingatkan terhadap provokator yang mengipasi kebencian," demikian keterangan laman Ramon Magsaysay Award Foundation (RMAF) seperti dikutip pada Jumat (27/5).

Saat kejadian 9/11 hingga aksi terorisme di Bali dan Jakarta, Syafii juga menekankan bahwa aksi teror bukanlah wajah Islam. Dia lalu mengatakan bahwa kekerasan adalah kejahatan terhadap kemanusiaan.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...