Asosiasi Pendidik Sebut Jokowi Tak Tahu Ada Revisi UU Sisdiknas

Ameidyo Daud Nasution
30 Mei 2022, 20:03
jokowi, pendidikan, uu sisdiknas
Sekretariat Presiden
Presiden Joko Widodo memberikan pernyataan sesaat sebelum bertolak ke AS dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Selasa (10/5). Foto: Tangkapan layar Youtube Sekretariat Presiden.

Presiden Joko Widodo menerima audiensi dari Aliansi Penyelenggara Pendidikan Indonesia (APPI) sore ini, Senin (30/5) di Istana Merdeka Jakarta. Dalam kesempatan ini, APPI menyampaikan aspirasi mereka terkait perubahan Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional (UU Sisdiknas).

Dewan Pengarah APPI Doni Koesoema juga menyatakan bahwa Jokowi belum mengetahui proses perubahan UU Sisdiknas. Bahkan Presiden disebutnya akan memanggil Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nadiem Makarim untuk menjelaskan perkembangan UU tersebut. 

“Yang sangat mengejutkan bagi kami, dalam pertemuan hari ini Presiden menyatakan bahwa beliau tidak tahu ada proses perubahan UU Sisdiknas,” kata Dewan Pengarah APPI Doni Koesoema dalam konferensi pers di Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (30/5).

APPI mengatakan perubahan UU Sisdiknas ini jauh dari semangat gotong royong yang sesuai dengan visi misi Presiden Jokowi, yakni menciptakan sumber daya manusia unggul dan berkarakter. 

“Bila dilanjutkan akan merugikan dan malah merusak legasi presiden dan ke depan akan menyulitkan para guru,” jelas Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI), Unifah Rosyidi dilansir dari Antara

Adapun Kemendikbud menjelaskan bahwa saat ini Rancangan UU Sisdiknas masih berada dalam tahap pertama dari lima tahap proses pembentukan UU. Kelima tahap ini yakni perencanaan, penyusunan, pembahasan, pengesahan, dan pengundangan.

Halaman:
Reporter: Amelia Yesidora
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...