Jajal Mobil Listrik Hyundai, Jokowi: Tidak Ada Suaranya

Amelia Yesidora
8 Juni 2022, 14:54
jokowi, hyundai, mobil listrik
Youtube Sekretariat Presiden
Mobil Hyundai Genesis yang ditumpangi Presiden Joko Widodo ke Kawasan Industri Terpadu Batang, Jawa Tengah, Rabu (8/6). Foto: Tangkapan layar Youtube Sekretariat Presiden.

Presiden Jokowi hari ini melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Batang, Jawa Timur untuk meresmikan pembangunan industri baterai listrik di Kawasan Industri Terpadu Batang (KITB). Untuk menuju KITB, Jokowi berkesempatan menggunakan mobil listrik Genesis dari Hyundai.

Bersama dengan Ibu Negara Iriana, presiden mendarat di Pangkalan Udara Utama TNI AD Ahmad Yani di Semarang, pagi tadi. Presiden lalu melanjutkan perjalanan menuju KITB, namun kendaraan diganti menjadi mobil bertenaga listrik selepas keluar dari gerbang tol Gringsing.

“Tadi saya mobil listriknya Genesis dari Hyundai. Saya kira halus, enggak ada suaranya,” ujar Presiden dalam keterangan pers, Rabu (8/6). 

 Mobil sedan yang dikendarai Jokowi ini akan digunakan sebagai kendaraan resmi pemimpin negara G20 yang hadir pada Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 November mendatang di Bali. Mobil asal Korea ini digerakkan oleh baterai litium-ion berkapasitas 87,2 kWh dengan daya 272 kW dan torsi 700Nm

Dengan spesifikasi tersebut, Genesis bisa bergerak dari kecepatan 0 kilometer per jam ke 100 kilometer per jam dalam waktu 4,9 detik saja, cocok untuk keadaan darurat. 

Meski harga kendaraan listrik masih relatif mahal, presiden optimistis harganya akan menurun seiring berkembangnya teknologi. Hal ini seiring teknologi baru yang akan terus berkembang.

“Apalagi kalau dibangun di Indonesia, tempat dimana nikel dan kobaltnya itu ada. Semuanya dikerjakan dari hulu ke hilir dan menekan cost yang banyak sehingga kompetitif,” kata Jokowi.

Halaman:
Reporter: Amelia Yesidora
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...