Jokowi Resmikan Pembangunan Tahap II Industri Baterai Listrik Batang

Amelia Yesidora
8 Juni 2022, 11:57
Jokowi, batang, kendaraan listrik
ANTARA FOTO/HO-Biro Pers Setpres/tom.
Presiden Joko Widodo.

Presiden Joko Widodo meresmikan pembangunan tahap kedua industri baterai listrik terintegrasi di Kawasan Industri Terpadu Batang (KITB), Kabupaten Batang, Jawa Tengah, hari ini. Jokowi mengatakan investasi perusahaan Korea Selatan LG di KIT Batang merupakan investasi pertama di dunia yang mengintegrasikan produksi kendaraan listrik dari hulu sampai ke hilir.

"Saya senang bahwa tahapan pembangunan industri baterai listrik terintegrasi telah mulai berjalan," kata Presiden Jokowi dalam sambutannya yang disiarkan langsung oleh kanal YouTube resmi Sekretariat Presiden, Rabu (8/6).

Total investasi LG ini sebesar US$ 9,8 miliar atau setara dengan Rp 142 triliun. Investasinya meliputi proses dari hulu hingga ke hilir dalam rangka produksi kendaraan listrik.

Dimulai dari proses penambangan nikel, peleburan atau smelting, pemurnian, dan pembangunan pabrik prekursor katoda. Kemudian produksi baterai listrik, mobil listrik, hingga industri daur ulang baterai pun akan dilakukan oleh pihak LG.

Dari seluruh proses hulu ke hilir tersebut, hanya pabrik pemurnian serta pabrik prekursor katoda yang berada di KITB. Sisanya, tersebar tersebar di beberapa wilayah. Jokowi menyebutkan contohnya pertambangan dan peleburan nikel berada di Halmahera, Maluku Utara. Untuk pabrik baterai, sedang dibangun di Karawang dan pabrik mobil listrik berada di Cikarang.

Halaman:
Reporter: Amelia Yesidora
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...