Jadi Wakil Menteri ATR, Raja Juli Ingin Tuntaskan Masalah Mafia Tanah

Andi M. Arief
15 Juni 2022, 15:56
mafia, mafia tanah, raja juli
ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/aww.
Dewan Pembina PSI Raja Juli Antoni bersiap mengikuti upacara pelantikan menteri dan wakil menteri Kabinet Indonesia Maju sisa masa jabatan periode 2019-2024 di Istana Negara, Rabu (15/6/2022). Foto: Antara.

Presiden Joko Widodo telah melantik politisi Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Raja Juli Antoni menjadi Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang/Wakil Kepala Badan Pertanahan Nasional.

Raja Juli mengatakan Jokowi memberikan tugas prioritas pada pimpinan baru Kementerian Agraria dan Tata Ruang (ATR). Keduanya adalah penyelesaian konflik agraria dan sertifikat tanah. 

Dia juga akan berusaha menyelesaikan masalah praktik mafia tanah di dalam negeri. Caranya dengan membangun proses yang sederhana, transparan, dan melayani masyarakat.

"Saya sudah baca, di Wakatobi banyak terjadi 'pedang-pedangan' dengan Presiden, banyak terjadi konflik di bawa yang membuat kami sedih," kata Raja Juli di Kompleks Istana Kepresidenan, Rabu (15/6).

 Raja Juli mengatakan akan menerbitkan sertifikat tanah sebanyak-banyaknya dalam menyelesaikan isu terkait sertifikat tanah.  Selain itu, pembebasan tanah di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara juga akan menjadi salah satu fokus kepemimpinannya. 

Raja Juli baru saja dilantik sebagai Wakil Menteri ATR pada siang hari ini, Rabu (15/6), sekitar pukul 12.30 WIB. Selain Raja Juli, Presiden Jokowi juga melantik Mantan Panglima TNI Hadi Tjahjanto sebagai Menteri ATR. 

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...