Jokowi Akan Bertemu Putin Akhir Bulan Ini, Mahfud: Apa Masalahnya?

Ameidyo Daud Nasution
20 Juni 2022, 18:01
jokowi, putin, rusia
ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/foc.
Presiden Joko Widodo memberikan arahan saat memimpin rapat kabinet paripurna di Istana Negara, Jakarta, Senin (20/6/2022).

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD membenarkan kabar Presiden Joko Widodo akan bertemu Presiden Rusia Vladimir Putin. Pertemuan tersebut akan digelar pada 30 Juni mendatang.

"Itu agenda Presiden. Saya kira apa masalahnya? kan cuma mau bertemu," kata Mahfud di Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (20/6) dikutip dari Antara.

Advertisement

Kabar ini datang dari seorang sumber Kremlin kepada media Rusia, TASS. Sumber tersebut mengatakan Indonesia adalah mitra yang penting bagi Negara Beruang Merah. Makanya, Rusia selalu menjaga hubungan politik dan ekonomi antar kedua negara.

Di sisi lain, tahun ini Indonesia memegang presidensi G20 dan sudah mengundang Putin ke Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Bali.“Kami pasti akan pergi. Tapi dalam format apa, nantinya akan diputuskan kemudian,” kata sumber TASS.

Jokowi juga telah berbicara dengan Putin serta Presiden Ukraina Zelensky mengenai konflik dua negara Eropa Timur tersebut pada akhir April 2022. Dalam perbincangan, Putin mengabari Jokowi kondisi terakhir termasuk proses negosiasi Rusia dan Ukraina. 

RUSSIA-PUTIN
RUSSIA-PUTIN (ANTARA FOTO/REUTERS/Sputnik/Mikhail Metzel/Kremlin /hp/sad.)

Jokowi mengatakan, Indonesia siap berkontribusi untuk mendinginkan konflik. Putin juga berterima kasih atas undangan RI untuk hadir dalam agenda KTT G20 mendatang. "Indonesia ingin menyatukan G20, jangan sampai ada perpecahan," kata Presiden pada 28 April lalu.

Jokowi juga mengundang Volodymyr Zelenskyy ke KTT G20. Zelenskyy merespon undangan ini dengan menyatakan dirinya tidak bisa hadir secara langsung, namun ia akan hadir secara virtual.

“Saya tak bisa tatap muka karena harus bersama masyarakat saya,” kata Zelensky pada acara virtual yang digelar Foreign Policy Community of Indonesia (FPCI), Jumat (27/5).

Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement