Jokowi Akan Temui Putin di Moskow dan Presiden Ukraina di Kyiv

Ameidyo Daud Nasution
22 Juni 2022, 13:37
jokowi, rusia, ukraina
ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/foc.
Presiden Joko Widodo memberikan arahan saat memimpin rapat kabinet paripurna di Istana Negara, Jakarta, Senin (20/6/2022).

Presiden Joko Widodo akan melakukan kunjungan ke Kyiv di Ukraina serta Moskow di Rusia pada akhir Juni nanti. Dalam kunjungannya tersebut, Jokowi akan bertemu dengan pemimpin kedua negara yakni Volodymyr Zelensky dan Vladimir Putin.

Menteri Luar Negeri Retno P. Marsudi mengatakan kunjungan ini dilakukan Jokowi selaku Presidensi G20. Retno mengatakan hal ini merupakan cerminan kepedulian terhadap kemanusiaan serta upaya berkontribusi menangani dampak perang.

"Presiden Jokowi memilih untuk mencoba berkontribusi, tidak memilih untuk diam," kata Retno dalam pernyataan pers, Rabu (22/6) dikutip dari Antara.

Jokowi juga akan menjadi pemimpin Asia pertama yang berkunjung ke dua negara usai perang. Retno juga mengakui bahwa situasi di Rusia dan Ukraina masih sangat kompleks.

"Karena dampak perang dirasakan semua negara, terutama negara berkembang dan berpenghasilan rendah," katanya.

Sebelum mengunjungi Kiev dan Moskow, Jokowi akan melakukan kunjungan ke Jerman untuk menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G7 selaku negara mitra.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...