Agenda Jokowi di Ukraina: Temui Zelensky dan Tinjau Puing Sisa Perang

Ameidyo Daud Nasution
29 Juni 2022, 15:50
jokowi, ukraina, perang
Biro pers Sekretariat Presiden
Presiden Joko Widodo dan Ibu Iriana saat tiba di Kyiv, Ukraina, Rabu (29/6). Foto: Laily Rachev (Biro Pers Sekretariat Presiden).

Presiden Joko Widodo telah tiba di Kyiv, Ukraina pada Rabu (29/6) pukul 08.50 waktu setempat. Jokowi dijadwalkan bertemu Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky pada siang waktu setempat.

Dari keterangan Biro Pers Sekretariat Presiden Jokowi juga akan mengunjungi puing Apartemen Lypky di Irpin, Kyiv. Wilayah ini beberapa waktu lalu dihujani serangan rudal oleh Rusia. 

 Jokowi bersama Ibu Iriana juga akan  berkunjung ke Pusat Ilmiah dan Bedah Endokrin, Transplantasi Organ dan Jaringan Endokrin Ukraina di Kyiv.

Presiden juga dipastikan tak menginap di Kyiv. Usai pertemuan dengan Zelensky, Jokowi langsung menuju Stasiun Central untuk bertolak ke Stasiun Przemysl di Polandia dengan menggunakan kereta luar biasa.

Usai kunjungan ini, Jokowi akan terbang lagi ke Moskow untuk bertemu Presiden Rusia Vladimir Putin. Mantan Wali Kota Solo itu akan meminta Zelensky dan Putin untuk menghentikan perang. 

"Perang harus dihentikan karena yang berkaitan rantai pasok pangan harus aktif lagi," kata Presiden dalam konferensi pers di Bandara Internasional Soekarno Hatta, Tangerang, Minggu (26/6).

Pembahasan mengenai Ukraina juga disampaikan Jokowi dalam pertemuan G7 di Jerman awal pekan ini. Sejumlah pemimpin dunia yang membicarakan konflik ini dengan Jokowi antara lain Presiden Prancis Emmanuel Macron, Kanselir Jerman Olaf Scholz, Perdana Menteri Inggris Boris Johnson, hingga Perdana Menteri India Narendra Modi.

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...