Dirayu Beberapa Partai, Demokrat Akan Merapat ke Mana?

Image title
11 Juli 2022, 12:26
demokrat, ahy, pemilu
ANTARA FOTO/Fransisco Carolio/Lmo/YU
Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (kiri depan) menyerahkan bendera Partai Demokrat kepada Ketua DPD Partai Demokrat Sumatera Utara Lokot Nasution (kedua kiri depan) saat pelantikan pengurus DPD Partai Demokrat Sumatera Utara di Medan, Kamis (12/5/2022).

Partai Demokrat masih belum melabuhkan pilihan koalisi meski mendapatkan tawaran dari sejumlah partai. Padahal, partai besutan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) itu telah mendapat penawaran secara terbuka dari Koalisi Indonesia Bersatu (KIB)  yang diinisiasi oleh Partai Golongan Karya (Golkar), Partai Amanat Nasional (PAN), dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP).

Soal ajakan tersebut, Demokrat memberikan respon membuka diri untuk penjajakan kerja sama politik. Kepala Badan Komunikasi Strategis Dewan Pengurus Pusat (DPP) Partai Demokrat Herzaky Mahendra Putra menyampaikan bahwa hingga kini Demokrat masih berupaya mengintensifkan komunikasi dengan beberapa partai politik.

Hal itu dilakukan agar pada akhirnya Demokrat dapat memutuskan antara bergabung dengan koalisi yang sudah ada atau membentuk poros koalisi baru.
“Kami terus mendalami kesamaan visi, misi, platform, chemistry, untuk membangun mutual trust,” kata Herzaky pada Senin (11/7).

Komunikasi dengan berbagai partai politik tak hanya dilakukan oleh ketua umum, tetapi juga pada tingkat di bawahnya, yaitu sekretaris jenderal. Sekretaris Jenderal (Sekjen) Demokrat, Teuku Riefky Harsya beberapa kali melakukan pertemuan dengan Sekjen Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Aboe Bakar Al-Habsyi.

Pertemuan di antara kedua partai diakui mulai menemui kecocokan yang menjadi salah satu modal utama berkoalisi. Akan tetapi, keduanya masih belum bersepakat untuk membentuk poros baru menuju Pemilu 2024. Hal itu disebabkan kedua partai masih menjajaki komunikasi dengan partai-partai lain.
“Nanti tentu Sekjen akan menyampaikan masukannya kepada Ketum AHY,” ujar Herzaky.

Sebelumnya, Partai Demokrat mengakui bahwa komunikasi politik antara AHY dengan Ketua Umum Golkar, Airlangga Hartarto terjalin dengan baik. Deputi Analisa Data dan Informasi Balitbang DPP Partai Demokrat, Syahrial Nasution mengibaratkan hubungan di antara kedua berpotensi memunculkan bakal calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) yang potensial.

Halaman:
Reporter: Ashri Fadilla
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...