Mahfud Cium Banyak Kejanggalan dari Kasus Kematian Brigadir J

Ameidyo Daud Nasution
13 Juli 2022, 17:48
mahfud, polisi,brigadir j
ANTARA FOTO/Nova Wahyudi/YU
Menko Polhukam yang juga Ketua Dewan Penasehat DPP Ikatan Keluarga Alumni Universitas Islam Indonesia (IKA UII) Mahfud MD menyampaikan orasi kebangsaan saat menghadiri pelantikan pengurus DPW dan Delapan DPD IKA UII wilayah Sumatera Selatan periode 2021-2026 di Palembang, Sumatera Selatan, Sabtu (18/6/2022).

Polri tengah mengusut kasus kematian Brigadir J di rumah Kepala Divisi Profesi dan Pengamanan (Kadiv Propam) Polri Inspektur Jenderal Pol Ferdy Sambo. Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD mengatakan kasus ini tak bisa dibiarkan lantaran banyak kejanggalan.

Menurut Mahfud, kejanggalan terlihat dari proses penanganan maupun penjelasan kepolisian. "Tidak jelas hubungan antara sebab dan akibat setiap rantai peristiwanya," kata Mahfud dalam unggahan di akun Instagramnya, Rabu (13/7).

Mahfud mengatakan langkah Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo dengan membentuk tim investigasi sudah tepat. Tim ini dipimpin oleh Wakapolri Jenderal Pol Gatot Eddy dan beranggotakan Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) dan Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM).

"Itu sudah mewakili sikap dan langkah pemerintah sehingga Kemenko Polhukam akan mengawalnya," ujarnya.

Mahfud juga mengingatkan bahwa kredibilitas Polri dan pemerintah menjadi teruhan dalam kasus ini. Apalagi kepolisian selalu mendapatkan persepsi positif dari hasil survei masyarakat selama lebih dari setahun belakangan.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...